Sebarkan berita ini:
Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG[SemarangPedia] – Percepatan analisis dan pengkajian lingkungan (Amdal)  sebagai syarat pendirian pabrik atau tempat usaha sangat dibutuhkan, mengingat langkah tersebut diharapkan memiliki dampak positif terhadap perekonomian dan terserapnya tenaga kerja.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengharapkan agar analisis dan pengkajian lingkungan sebagai syarat pendirian pabrik atau tempat usaha dipercepat.

Dia memahami proses analisis atau kajian mengenai dampak lingkungan hidup dalam sebagai syarat pendirian pabrik membutuhkan waktu dengan penghitungan yang akurat dan cermat.

“Dengan semakin majunya pembangunan dan kegiatan investasi, bisa berbagai kajian lingkungan, prosesnya lebih cepat?. Kami tentu menghargai kecermatan dan prosedur-prosedur tertentu yang menjadikan sebuah pengkajian memerlukan waktu,” ujarnya saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Pengkaji Lingkungan Hidup Indonesia (Inkalindo) di Semarang.

Dia menambahkan melalui percepatan pengkajian lingkungan diharapkan tidak hanya mempercepat proses perizinan secara keseluruhan, tetapi juga menguntungkan secara ekonomi. Pasalnya, pabrik akan lebih cepat realisasi pembangunanya, bahkan tenaga kerja yang diserapun juga banyak hingga terjadi perputaran aktivitas ekonomi di suatu wilayah.

“Misalnya, kalau (KLH) belum ada, pabriknya belum bisa beroperasi, dan belum berproduksi, maka peluang lapangan kerja juga belum ada dan seterusnya. Tapi kalau (proses KLH) lebih cepat katakanlah satu sampai dua bulan, saya kira hitung-hitungan finansialnya bisa lebih efektif dan investasinya bisa lebih terwujud,” paparnya. (RS)

 

109
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>