Sebarkan berita ini:

28-kawasan-industriSEMARANG [SemarangPedia] – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rancangan Pembangunan Industri Provinsi (RPIP) Jateng diharapkan dapat menghasilkan Perda yang mampu menjadi panduan pendirian industri hingga ke depan bisa mengurangi pengangguran dan jumlah kemiskinan.

Anggota Komisi B DPRD Jateng Nuniek Sri Yuningsih mengatakan pembahasan Raperda RPIP harus memasukan sejumlah  persoalan yang dinilai penting, agar menghasilkan Perda yang diberlaukan bisa lebih optimal.

Menurutnya, daerah seperti kabupaten/kota tidak hanya mempermudah masuknya investor tanpa mempersiapkan sarana yang mendukung, serta tenaga kerja yang koperatif.

“Kabupaten/ kota jangan asal mengizinkan investor masuk. Namun, harus dipersiapkan sarana dan prasarana pendukung di wilayahnya,” ujarnya, di Semarang.

Perda RPIP, lanjutnya, diterbiutkan sebagai upaya untuk mengurangi angka kemiskinan dan penggangguran di berbagai daerah di wilayah Jawa Tengah.

“Dengan demikian, melalui Perda RPIP itu, diharapkan banyak industri berdiri di kantong-kantong kemiskinan di sejumlah kabupaten/kota,” tutur Politisi PDI Perjuangan itu.

Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Jateng Sujarwanto mengatakan hingga saat ini pengangguran masih tinggi yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota, sehingga

pendirian industri manufaktur padat karya sangat dibutuhkan untuk menyerap tenaga kerja.

“Hingga saat ini, pengangguran di Jawa Tengah masih tinggi dan untuk enakan jumlah itu diperlukan industru yang dapat menyerap tenaga kerja,” ujarnya.

Dia mengharapkan ke depan industri harus berorientasi mendukung kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, karena sampai saat ini sebagian besar industri masih tergantung pada bahan baku impor. (RS)

110
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>