Sebarkan berita ini:

23-Perdagangan emas1SEMARANG[SemarangPedia] – Perdagangan perhiasan permata dan emas di sentra perdagangan emas di Semarang mengalami kelesuan menjelang Lebaran tahun ini, akibat minat beli dan minat jual menurun.

Di sentra perdagangan perhiasan permata dan emas di Kota Semarang seperti di kawasan Pecinan, Kranggan, Gang Pinggir dan Pekojan minat jual dan beli emas terlihat sepi, hingga omset pedagang emas mengalami penurunan 50%.

Ketua Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (Apepi) Semarang, Bambang Yuwono mengatakan daya beli masyarakat untuk pembeli perhiasan emas semakin menurun, sementara penjualan emas oleh masyarajkat juga sepi mereka menahan untuk pelepasan.

“Perdagangan emas relatif sepi dan tidak seramai tahun-tahun sebelumnya menjelang Lebaran,” ujarnya, Kamis. (23/6)

Penjualan tahun ini, lanjutnya, menurun hingga mencapai 50% dari tahun lalu. Pada umumnya dua pekan hingga sepekan sebelum Lebaran perdagangan emas sudah terlihat marak. Namun, saat ini terasa lesu.

Menurutnya, terdapat beberapa faktor penyebab menurunnya perdagangan emas, selain daya beli masyarakat merosot juga kenaikan harga kebutuhan pokok melonjak yang terjadi belakangan ini, bahkan bersamaan  dengan kebutuhan untuk keperluan sekolah.

Masyarakat mengutamakan memenuhi kebutuhan keperluan sekolah, selain kebutuhan pokok dibanding membeli perhiasan atau melepas emas miliknya untuk diperdagangkan.

Penurunan daya beli, dia menambahkan juga dipengaruhi oleh kehadiran perangkat teknologi informasi seperti ponsel pintar, notebook, laptop dan sejenisnya yang kini semakin digemari masyarakat.

Dia mengatakan saat ini masyarakat memiliki uang lebih, mereka memilih untuk membeli ponsel pintar dibanding menggunakan perhiasan emas, hingga kondisi berubah dibanding tahun-tahun sebelumnya emas menjadi primadona bagi masyarakat.

 

235
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>