Sebarkan berita ini:

3-SekdaSEMARANG[SemarangPedia] – Pemprov Jateng mengisyaratkan perencanaan dan pengelolaan anggaran secara tertib, disiplin, transparan dan akuntabel.dipastikan mampu mewujudkan pemerintahan yang bersih.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan sekarang setelah anggaran ditetapkan sudah bisa langsung masuk ke website, termasuk juga rencana umum seperti pengadaan barang dan jasa RUP-nya pada era keterbukaan informasi dan transparansi saat ini.

Menurutnya, salah satu pelaksanaan transparansi anggaran, semua SKPD wajib melakukan lelang secara elektronik dan terbuka, mengingat melalui sistem elektronik yang menampilkan perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, pertanggungjawaban, hingga pengawasan penyerapan pada awal hingga akhir tahun dapat semua terpantau.

Pada kerangka, lanjutnya, penganggaran berbasis kinerja, penyerapan bukan satu-satunya target pengalokasian anggaran. “Namun lebih menitikberatkan pada kinerja suatu kegiatan dengan melihat output dan outcome,” ujarnya di Semarang.

Kalau lebih proporsional, dia menambahkan dalam penyerapan anggaran selalu berpatokan pada target penyerapan yang disusun di awal. apakah sesuai target atau tidak.

“Penyerapan anggaran tinggi tanpa ada output dan outcome yang maksimal justru menunjukkan kinerja yang kurang baik, Itu jatuhnya pemborosan. Jika sudah ada unsur yang merugikan negara, masuknya ranah korupsi, sehingga semua harus tertib administrasi,” paparnya. (RS)

 

92
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>