Sebarkan berita ini:

12-tugu-mudaSEMARANG[SemarangPedia] – Kawasan Tugu Muda Semarang akan ditutup pada Jumat mendatang (14/10) untuk upacara bersejarah pertempuran lima hari mulai pukul 17.00- 21.00 WIB.

Kabag Humas Setda Kota Semarang, Achyani, mengatakan penutupan jalan di kawasan Tugu Muda itu akan dilakukan mulai Kamis (13/4)  pukul 18.30-20.30 saat gladi bersih dan berikut Jumat untuk upacara peringatan pertempuran lima hari pukul 17.00-21.00 WIB.

Menurutnya, ruas jalan yang ditutup meliputi Jl. Pandanaran  Jl. Mgr. Soegiyopranoto, Jl. Siliwangi, Jl. Imam Bonjol, Jl. Pemuda  serta Jl. Dr. Sutomo. Para pengendara dihimbau agar mencari jalur alternatif selama penutupan jalan itu.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan bertindak sebagai inspektur upacara dan  komandan upacara adalah Mayor Inf TNI Arfan Johan Wihananto SIP yang menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri R 400/BR.

”Dengan ditutupnya Bundaran,  Tugumuda dihimbau untuk warga dapat menggunakan jalur lain untuk menghindari kemacetan. Masyarakat juga diminta dapat menyaksikan langsung sekaligus mengikuti jalannya acara tersebut,” ujarnya. Rabu. (12/10).

Menurutnya, bagi peserta upacara disiapkan parkir di sepanjang JL. Pemuda, Jl. Imam Bonjol, Jl. Sugiyopranoto, Jl. dr. Sutomo dan Jl. Pandanaran, termasuk tamu undangan disiapkan tempat parkir di halaman Gereja Katedral Randusari , sedangkan tamu VIP di Wisma Perdamaian.

Dia menuturkan agenda pokok dalam peringatan ini adalah mengenang detik-detik Pertempuran Lima Hari di Semarang, dimana akan dibunyikan sirene selama dua menit.

Acara itu akan diikuti TNI, Polri, mahasiswa, ormas, pelajar dan pramuka dengan keseluruhan berjumlah 28 pleton. Bersamaan dengan itu, seluruh lampu di seputar Tugumuda akan dipadamkan dan diganti dengan nyala obor, disertai tembakan yang diselingi ledakan-selama dua menit.

Tempat peledakan dan penembakan sebagai berikut, penembakan tunggal dan peledakan  di selokan gereja Randusari, penembakan rentetan di halaman Gedung Pandanaran.

Dia mengatakan sukilan sejarah Pertempuran Lima Hari di Semarang akan dibacakan oleh budayawan, Sukirno, diikuti renungan pertempuran dan prasetya generasi muda dengan menampilkan adegan fragmen pertempuran oleh yang diiringi lagu-lagu perjuangan. (RS)

268
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>