Sebarkan berita ini:

7-ekonomiSEMARANG[SemarangPedia] – Pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah pada Triwulan III-2016 mencapai 5,06%, dibanding periode yang sama 2015 (y-on-y), akibat didukung oleh hampir semua lapangan usaha, kecuali Lapangan Usaha Administrasi Pemerintah, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib yang mengalami kontraksi pertumbuhan sebesar 0,10%.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah menyebutkan pertumbuhan itu  dipengaruhi oleh program penghematan anggaran pada seluruh instansi pemerintah sehingga menyebabkan turunnya realisasi belanja pemerintah.

Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Lapangan Usaha Pertambangan dan Penggalian sebesar 16,73%, diikuti Lapangan Usaha Jasa Lainnya 10,43%, Lapangan Usaha Jasa Keuangan dan Asuransi 10,17% serta Lapangan Usaha Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial sebesar 10,08%.

Struktur PDRB Jawa Tengah menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku pada Triwulan III-2016 tidak menunjukkan perubahan yang berarti. Lapangan Usaha Industri Pengolahan, Lapangan Usaha Pertanian, Kehutanan dan Perikanan; Lapangan Usaha Perdagangan Besar-Eceran, Lapangan Usaha Reparasi Mobil-Sepeda Motor serta Lapangan Usaha Konstruksi masih mendominasi PDRB Jawa Tengah.

Bila dilihat dari penciptaan sumber pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah Triwulan III-2016 (y-on-y), Lapangan Usaha Industri Pengolahan (1,57%), Lapangan Usaha Konstruksi (0,75%), serta Lapangan Usaha Pertanian, Kehutanan dan Perikanan (0,48%) merupakan tiga lapangan usaha yang hampir selalu memberikan kontribusi terbesar pada pertumbuhan PDRB.

Selain ketiga lapangan usaha tersebut, Lapangan Usaha Pertambangan dan Penggalian serta Lapangan Usaha Jasa Pendidikan juga memberikan kontribusi yang cukup tinggi pada pertumbuhan PDRB yaitu masing-masing sebesar 0,34% dan 0,32%. (RS)

214
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>