Sebarkan berita ini:

16-Kredit1SEMARANG[SemarangPedia] – Pertumbuhan kredit perbankkan di Jateng mengalami pertumbuhan hingga April 2016 sebesar 10,32%, mencapai senilai Rp 237,721 triliun, menyusul meningkatnya pinjaman sektor investasi, modal kerja dan konsumsi.

Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Jawa Tengah Iskandar Simorangkir mengatakan persentase pertumbuhan kredit perbankkan di Jateng itu, tercatat lebih tinggi dibandingkan tingkat nasional.

Menurutnya, tingginya persentase kredit itu, karena pertumbuhan ekonomi di provinsi ini lebih baik bila dibandingkan nasional selama April lalu.

“Pertumbuhan kredit perbankan Jateng hingga april 2016 sebesar 10,32%, sementara pertumbuhan kredit nasional hanya 6%-7%,” ujarnya di Semarang, Kamis malam.(16/6)

Hingga April 2016, lanjutnya, total kredit perbankkan di Jateng mencapai sebesar Rp 237,721 triliun, dan nilai itu wajar mengingat pertumbuhan ekonomi Jateng selama empaat bulan Januari-April 2016 mencapai sebesar 5,12%, bahkan lebih baik bila dibandingkan nasional yang berada di level 4,8%.

Kredit perbankkan di Jateng sebesar itu, dia menambahkan Terkait paling tinggi pinjaman sektor investasi yang mencapai 24%, sedangkan pinjaman modal kerja 9,1% dan konsumsi 6,5%.

Kondisai itu, menunjukkan positif, karena investasi memiliki dampak yang cukup besar terhadap ekonomi di Jawa Tengah. “Investasi dalam hal ini perusahaan dengan melengkapi mesin untuk pabrik mereka dan operasionalnya membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak,” tuturnya.

Menurutnya, menjelang Lebaran tahun ini diprediksikan akan terjadi kenaikan kredit di sektor modal kerja, mengingat sektor ini membutuhkan modal untuk memenuhi keperluan cukup banyaka menjelang Lebaran.

“Pada umumnya menjelang Lebaran terjadi peningkatan kredit di beberapa sektor meliputi  sektor industri makanan, minuman, garmen dan industri pakaian,” ujarnya. (RS)

 

60
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>