Sebarkan berita ini:

13-THR Buruh1KUDUS[SemarangPedia]- Ratusan buruh di sentra produksi rokok mengharapkan perusahaan dapat membayar Tunjangan Hari Raya (THR) sesuai kententuan yang berlaku, sebagai upaya untuk menghidari terjadinya gejolak aksi menjelang Lebaran mendatang.

Koordinator Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Kudus Slamet Machmudi mengatakan lebih 100.000 buruh di sentra produksi rokok terbesar di Kabupaten Kudus diharapkan bisa menerima THR sesuai ketentuan dan diwujudkan dalam bentuk uang tanpa potongan.

Perusahaan, lanjutnya, juga diharapkan dapat membayarkan THR sesuai ketentuan dan tidak hanya sekedar untuk memenuhi hak buruh dan amanat undang-undang, tetapi juga mengantisipasi potensi gejolak yang mungkin timbul.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus perlu memberikan perhatian, agar ketentuan Perrmenaker No. 06 Tahun 2016 sebagai pengganti Permenaker No. 04 Tahun 1994 tidak dilanggar.

”Pemberian THR Jangan ada pemotongan dan diberikan dengan uang unai,” ujarnya, Senin. (13/6)

Dia mengatakan peraturan yang seharusnya dilaksanakan untuk menjamin buruh mendapatkan haknya, namun, selama ini kenyataanya belum sesuai yang diharapkan. Permenaker terbaru perlu diapresiasi, yang mengatur buruh dengan masa kerja satu bulan berhak atas THR.

Selain itu, dia menambahkan perusahaan yang tidak memberikan THR harus dikenakan sanksi administrasi dan denda sesuai etentuan yang berlaku.

THR yang diberikan buruh diharapkan tidak berupa barang, tetapi uang tunai. Meski dalam permenaker diperbolehkan, THR barang tidak boleh lebih dari 25%, bahkan wujud uang diberikan agar buruh lebih leluasa memenuhi kebutuhan Lebaran.

“THR juga harus utuh tanpa potongan. Potongan oleh serikat pekerja atau koperasi yang berada di perusahaan harus ditiadakan, mengingat tujuannya THR dapat dimaksimalkan untuk memenuhi kebutuhan hari raya Idul Fitri mendatang,” tuturnya.

 

85
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>