Sebarkan berita ini:

12-pekerja-tekstilSEMARANG[SemarangPedia] – Pemprov Jateng meminta sejumlah perusahaan untuk memfasilitasi jaminan kesehatan melalui program kesehatan dan keselamatan kerja (K3) bagi karyawannya, sehingga produktivitas kerja mereka lebih optimal.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengatakan akivitas pekerja yang sehat dalam suatu perusahaan, sudah dapat dipastikan bakal mamapu mendorong peningkatan  produktivitas.

Menurutnya, jika para pekerja terjamin kesehatannya, sudah tentu mereka mampu menuntaskan pekerjaan secara maksimal.

“Untuk itu, para pengusaha wajib mendukung dan memperhatikan kesehatan tenaga kerjanya, sehingga mereka mampu meningkatkan produktivitasnya, dan salah satunya melalui program kesehatan dan keselamatan kerja (K3),” ujarnya di Semarang.

Di samping itu, lanjutnya, para pekerja di sejumlah industri padat karya seperti di perusahaan tekstil, garmen dan otomotif serta lainnya harus mendapat perhatian serius terkait kebutuhan kesehatan dan gizi.

Menurutnya, banyak tenaga kerja di perusahaan tersebut mengkonsumsi makanan asal kenyang tanpa memperhatikan kandungan gizinya.

“Kita sampling, ternyata kalangan perempuan buruh pabrik itu mengalami anemia. Mereka terlalu hemat dalam mengkonsumsi makanan tanpa mempertimbangkan gizi. Maka bagaimana buruh kita punya perilaku hidup sehat?, di samping pabriknya juga bicara K3,” tuturnya.

Ketua Task force investasi Provinsi Jawa Tengah itu menambahkan kesempatan untuk beristirahat bagi pekerja juga perlu diperhatikan dari pihak perusahaan. (RS)

 

59
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>