Sebarkan berita ini:

20-Pesawat Latih jatuh1DEMAK[SemarangPedia] – Pesawat latih sipil jenis Cesna 172 PK -NIV dengan kapasitas dua orang penumpang jatuh di areal pertambakan Dukuh Tambak Gojoyo, Desa Wedung, Kecamatan Wedung, Kabupetan Demak, Senin siang. (20/6).

Pesawat yang terbalik dan masuk ke tambak semakin menyulitkan identifikasi karena posisi nyusep terendam air tambak dan hanya terlihat tulisan di kabin PK-NIV di bawah sayap yang bisa dikenali.

Menurut Kapolsek Wedung, AKP Untung Supriyadi pesawat sempat landing. Namun, karena posisi mendarat tidak sempurna dan salah satu roda pesawat masuk ke dalam air, pesawat tidak bisa menjaga keseimbangan dan akhirnya terbalik.

Informasi yang dihimpun menyebutkan dua siswa pilot dan copilot yang naik pesawat latih itu dikabarkan selamat.

“Dua pilot dan copilot selamat hanya mengalami luka ringan pada bagian kepala. Keduanya terdiri pilot Boby Sinatrya (20), warga Perum Sailendra Nomor 2, Jalan Tejosari Raya, Semarang dan copilot Joshua (20), warga BSD Blok BLK I5 Nomor 32, Rawabuntu, Serpong, Tangerang,” ujarnya.

Menurut pilot Body Sinarta, saat latihan terbang pada ketinggian tertentu mesin pesawat mengalami kerusakan. Berulang kali diupayakan untuk mengatasi, namun mesin tetap mati, sehingga mereka memutuskan untuk landing di area pertambakan.

“Sekitar pukul 12.00 WIB siang, pesawat itu take off dari bandara Ahmad Yani Semarang untuk melaksanakan latihan terbang yang dilaksanakan oleh NFI School Jakarta. Di udara berputar-putar sekitar satu jam,” tutrnya.

Dia mengatakan pada saat mencapai ketinggian 1.000 feet atau seribu kaki, mesin pesawat mengalami trouble atau mati. “Saya sempat menghidupkan mesin di udara beberapa kali tapi mesin pesawat tidak mau hidup, sehingga kami mengambil keputusan untuk landing di area pertambakan dan menghindari pemukiman,” tuturnya.

Pilot dan copilot itu hanya mengalami luka ringan pada kepalanya dan setelah diobati di Puskesmas Wedung, mereka kemudian dibawa di Mapolsek Wedung untuk menunggu jemputan pihak perwakilan sekolah dari Nusa Flying International School, Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

204
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>