Sebarkan berita ini:

KUDUS[SemarangPedia] – Petugas Bea Cukai Kudus kembali menggagalkan distribusi rokok ilegal dari wilayah Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara yang akan dipasarkan.

Kepala Bea Cukai Kudus Gatot Sugeng Wibowo mengatakan sebanyak 120.000 batang rokok ilegal yang akan dikirim dengan satu unit mobil minibus dapat digagalkan petugas.

“Dari penindakan ini, total nilai barang diperkirakan mencapai Rp122,4 juta, sedangkan potensi kerugian negara sekitar Rp71,1 juta,” ujarnya, Senin (10/8).

Menurutnya, berawal dari informasi masyarakat akan adanya pengiriman rokok ilegal dari Jepara, kemudian petugas diterjunkan untuk memantau keberadaan mobil sesuai dengan informasi yang diduga mengangkut rokok ilegal tersebut.

“Setelah petugas mengamatai, mobil yang dimaksud terlihat melintasi Desa Bakalan, Kalinyamatan, Jepara, sehingga petugas yang diterjunkan di lapangan bisa mengikuti mobil tersebut,” tuturnya.

Tidak berselang lama, petugas Bea Cukai Kudus yang menggunakan tiga mobil akhirnya berhasil menghentikan mobil tersebut. Ketika dilakukan pemeriksaan, diperoleh fakta bahwa mobil tersebut mengangkut barang kena cukai illegal berupa rokok jenis Sigaret Kretek Mesin merk Sumber Baru SBR sebanyak 120.000 batang.

Dia menambahkan untuk penelitian lebih lanjut atas pelanggaran tersebut, diperiksa orang yang mengendarai mobil tersebut dengan inisial SH (58). Kendaraan dan barang bukti kini diamankan di kantor Bea Cukai Kudus.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 39 tahun 2007 tentang Cukai, terperiksa dapat dipidana dengan pidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama lima tahun.

Selain itu, tutur Gatot, juga dikenakan denda paling sedikit dua kali nilai cukai.

“Bahkan paling banyak sepuluh kali nilai cukai yang seharusnya dibayar,” ujarnya. (RS)

20
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>