Sebarkan berita ini:

2-Tenaga asing 1SEMARANG[SemarangPedia] – Perizinan tenaga kerja asing yang berada di wilayah Jawa Tengah perlu segera dilakukan pengecekan, guna mengetahui pasti mereka berkerja di provinsi ini illegal atau legal.

Guber Jateng Ganjar Pranowo mengatakan tenaga asing yang berkerja di wilayahnya perlu segera dilakukan pengecekan izinnya sesuai yang berlaku.

“Kalau tenaga kerja asing yang ada di Jawa Tengah itu legal ya tidak apa-apa, tapi kalau itu illegal ya mesti harus ditindak. Kalau masyarakat menemukan itu segera laporkan ke Pemprov Jateng, akan kita cek,” ujarnya usai Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jawa Tengah, Jln Pahlawan, Semarang, Kamis (2/6).

Menurutnya, terkait regulasi pengawasan ketenaga kerjaan sudah ada pihak yang melakukan pengawasan. Perizinan, bukan hanya tanggungjawab provinsi, namun juga ada pihak lainnya yakni keimigrasian.

Seperti diketahui, pembanagunan proyek PLTU di Cilacap kini sebagian melibatkan tenaga kerja asing asal Tiongkok dan mulai menimbulkan keresahan masyarakat setempat, karena perilaku  mereka dinilai sudah tidak wajar.

Menanggapi hal itu, Ganjar mengharapkan agar persoalan tersebut bisa dikomunikasikan dengan pihak manajemen.  “Kalau soal perilaku, biar bisa diomongkan dengan manajemen proyek itu, agar mereka tidak berperilaku kurang baik,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Jawa Tengah Rukma Setyabudi mengatakan pemerintah harus bisa memberikan proteksi terhadap tenaga kerja lokal dengan cara melakukan penertiban tenaga kerja asing ilegal.

“Kalau tenaga kerja dari Tiongkok itu unskill tanpa memiliki ketrampilan khusus  dikhawatirkan akan mematikan tenaga kerja lokal, sehingga berdampak terhadap melonjaknya angka pengangguran,” ujarnya. (RS)

 

59
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>