Sebarkan berita ini:

16-Tol BrebesSEMARANG[SemarangPedia] –  Pintu Tol Kalijangga di wilayah timur Berbes diprediksikan sangat berpotensi bakal terjadi kemacetan panjang menjelang Lebaran mendatang, menyusul jalan bebas hambatan sepanjang 20 Km Pejagana-Brebes rencananya akan dibuka pada akhir Mei ini.

Tol Pejagan-Brebes merupakan bagian dari proyek Tol Trans Jawa dan kelanjutan dari tol Kanci- Pejagan dan yang berada di wilayah Brebes Timur merupakan pintu pitu gebang masuk keluar yang rencana dibuka Mei ini.

Dengan pembukaan jalur tol itu yang diharapkan kemacetan arus mudik di jalur pantura, khususnya ruas Losari –  Brebes bisa teratasi, dari sebelumnya menjadi langganan macet tseiap mudik Lebaran.

”Sesuai jadwal, tol Pejagan-Brebes akan diresmikan akhir Mei ini dan siap digunakan untuk arus mudik Lebaran 2016,” ujar Pejabat Humas PT Waskita Karya, Hendro Budiyanto, selaku pelaksana proyek tol Pejagan-Brebes,

Menurutnya, pintu masuk tol di Pejagan (Kecamatan Tanjung) hingga pintu keluar di Brebes Timur (Desa Banjaranyar, Kecamatan Brebes), kondisi jalan tol Pejagan-Brebes terlihat sudah mulus. Bahkan sebagian telah beraspal dan sebagian lain dalam bentuk rigit beton. Rambu-rambu lalu lintas, baik petunjuk arah, rambu peringatan, hingga rambu larangan juga sudah terpasang.

Lampu penerangan jalan, lanjutnya, juga telah terpasang dan berfungsi di beberapa titik. Selain rest area yang berada di KM 252 telah siap dioperasikan beserta afasilitasnya bangunan masjid, lokasi parkir dan beberapa tempat istirahat untuk pengendaran kendaraan.

Sementara Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika dan Dinas Bina Marga memperkirakan pintu keluar tol Pejagan-Brebes akan menjadi perhatian Pemerintah Pusat. khususnya dalam pelayanan mudik lebaran tahun ini.

Kawasan itu, dianggap menjadi titik rawan arus lalu lintas mudik lebaran, bahkan rencananya Kapolri akan melaksanakan gelar pasukan pengamanan lebaran di Brebes, dari tahun-tahun sebelumnya gelar pasukan diselenggarakan di Jakarta.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait termasuk ke jajaran Polri. Bahkan rencananya presiden Joko Widodo akan hadir langsung dalam gelar pasukan pengamanan lebaran.

Meski saat ini pembangunan jalan tol itu sudah rampung 100% dan diprediksi banyak pemudik akan memanfaatkan jalan tersebut , sehingga bakal terjadi kemacaten, karena jika akses pintu keluar tidak seimbang dengan jumlah pengguna jalan tol yang meningkat, kendaraan akan menumpuk di satu titik.

184
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>