Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang kembali akan melepas 557 Perwira Siswa (Pasis) pelayaran melalui Upacara Bon Voyage Tahun 2017 di Ballroom Hotel Patra Jasa Semarang, Kamis  mendatang. (12/1)

Sebanyak 557 pasis itu lulusan dari dua program studi  Diklat Peningkatan Kompetnsi Kepelautan Ilmu Pelayaran Semarang Nautika dan Teknika.

Lulusan Pasis sebanyak itu terdiri Progam Studi Nautika Tk I 51 orang, Progam Studi Teknika Tk I 30 orang, Progam Studi Nautika Tk II 58 orang, Progam Studi Teknika Tk II 58 orang, Progam Studi Nautika Tk III 79 orang, Progam Studi Teknika Tk III 71 orang, Progam Studi Nautika Tk IV 120 orang  dan Progam Stdudi Teknika Tk IV 90 orang hingga total sebanyak 557 orang.

Pelepasan itu juga sekaligus akan dilakukan seremonial peresmian gedung baru Auditorium ‘Mas Pardi’ dan penandatanganan kerjas ama antara PIP Semarang, UGM dan UNDIP serta pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat.

Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Capt Wisnu Handoko mengatakan Auditorium Mas Pardi, salah satu pahlawan khususnya dibidang kelautan memiliki daya tampung 1.700 orang dan juga digunakan untuk pelatihan calon perwira.

Dalam acara wisudawan PIP, lanjutnya, juga akan dihadiri Dirjen Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono dan dua ditjen perhubungan laut lainnya.

“Sedangkan penandatanganan perjanjian dengan sekolah vokasi UGM dan UNDIP yang akan dilakukan sebagai untuk ketentuan Menteri Perhubungan melakukan program pemberdayaan program masyarakat kurang mampu,” tuturnya.

Menurutnya, program pemberdayaan yang sifatnya vokasi itu, mampu memberi lapangan kerja pada masyarakat kurang mampu yang masih produktif. PIP Semarang, mendapatkan total dana bantuan Rp21,5 miliar untuk pemberdayaan yang sifatnya vokasi dan pelatihan kepada 6.150 masyarakat kurang mampu itu.

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang selama ini mengemban tugas untuk mendidik juga melatih para pemuda-pemudi lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di bidang pelayaran dan kepelabuhan.

Para siswa yang belajar di PIP  Semarang akan dididik menjadi seorang Perwira Pelayaran Besar dan diharapkan akan menjadi seorang Tenaga Ahli Angkutan Laut/Kepelabuhaan. Selain juga untuk memenuhi kebutuhan armada angkutan laut pada sub sektor perhubungan laut.

 

(HN/RS)

596
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>