Sebarkan berita ini:

20-dpSEMARANG[SemarangPedia] – Sekolah pelayaran Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang akhirnya dapat mewujudkan untuk memiliki alat canggih simulator navigasi laut berbasis digital berupa Simulator Dynamic Positioning.

Direktur PIP Semarang Capt Wisnu Handoko mengatakan simulator tersbut merupakan pertama di Indonesia dan untuk memilikinya melewati proses lisensi begitu ketat.

“Kami sebelumnya telah mengajukan DP (Dynamic Positioning) sejak 2012,  namun gagal. Kemudian usaha tetap terus dilakukan dan akhirnya dari validasi yang ketat pada 2016 ini pihak dari Nautical Institute (NI) London memberikan lisesni resmi, untuk mengoprasikan alat DP di PIP,” ujarnya, Rabu. (19/10)

Kegunaan dari DP, lanjutnya, ditujukan untuk pra calon pelaut untuk mampu mengendalikan kapal dalam posisi aman, ketika kapal sedang melakukan proses pengeboran minyak bumi di dalam dasar laut, sehingga mampu menghindari guncangan laut.

“Pada prinsipnya kerja dari simulator ini dalam kondisi nyata untuk menangkap sinyal gelombang dan arah arus laut yang kemudian diterjemahkan dalam  bahas pemrograman komputer untuk penanda dalam menggerakan kapal dalam koordinat tertentu,” tuturnya

Semantara Instruktur Dinamic Positioning PIP Semarang, Capt Adib Zamhari SE MMar mengatakan hadirnya Simulator Dynamic Positioning itu, merupakan bagian dari  mengikuti arus kemajuan teknologi dan sekaligus sebagai penganti sistem pengopresian manual.

“Sistem komputerisasi yang ada di DP ini  kinerjanya menjadi efisien dengan cukup mengandalkan empat orang dalam pengoperasianya,” ujarnya.

Dengan kempilikan DP kini PIP Semarang  bisa menjadi tempat diklat bagi para pelaut, sehingga tidak perlu datang ke Singapura, Filipina, atau India untuk belajar DP yang sekiranya mengelurakan biaya yang sangat mahal.

“Pelatihan DP kami sediakan selama empat empat hari yang dibagi dua kelas, kelas basic biaya  sebesar Rp15 juta dan kelas advanced Rp30 juta, dimana biaya tersebut terbilang murah dibanding di luar negeri,” tuturnya.

Dia menuturkan rencananya Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumardi dijadwalkan akan meresmikan Simulator Dynamic Positioning yang dijadwalkan berlangusng pada 17 November  mendatang. (RS)

445
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>