Sebarkan berita ini:
Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG[SemarangPedia] – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menilai komposisi pada pos strategis kabibet kerja yang direshufle Presiden Joko Widodo dari kalangan politisi bakal berjalan tidak optimal.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan beberapa pos strategis yang disebutkan dia nataranya Kementerian Perdagangan dan Perindustrian, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Menteri Perhubungan.

Mestinya, lanjutnya, kabinet strategis diisi kalangan dari latar belakang pengusaha, misalnmya  Marwan Jafar yang menduduki Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ditarik dan digantikan Eko Putra Sanjoyo.

“Saya melihat Jokowi mereshuffel pos-pos strategis kabinet ini kurang pas seharus diisi  pengusaha,” ujarnya saat menghadiri Harlah PKB ke-18 di Hotel PatraJasa Semarang, Minggu  petang. (31/7)

Dia tidak memunafikan bila kadernya ditarik dipercaya kembali mengisi Menteri PDTT. Namun, pos Kementerian strategis semestinya diisi kalangan pengusaha.

Menurutnya, seorang pengusaha memiliki kemampuan memanajerial secara baik dan bekerja profesional. Paradigma baru demikian yang mestinya mengisi pos-pos strategis Kementerian.

“Alhamdulillah Kementerian PDTT masih diisi pengusaha. Ya, mestinya di Kementerian yang strategis bisa ditempati pengusa yang berfikirnya untung dan rugi,” tuturnya.

Muaimin pesimis bila semestinya Kementerian yang strategis diisi kalangan aktivis, mengungat cara berfikirnya cenderung ideologis, lebih struktural dan tidak mau pencitraan.

“Saya tidak yakin, jika pos menteri strategis tidak diisi pengusaha bisa jadi. Sebab, pengusaha lebih mengerti dan profesional. Ini menjadi penting para politisi PKB. Kita harus menyiapkan kehandalan ke depan,”tuturnya.

Cara berfikir demikian, dia menambahkan harus didesain sebagai paradigma baru. Sebab, cara berfikir itu menjadi panduan menentukan langkah-langkah bagi partai ke depan.  (RS)

61
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>