Sebarkan berita ini:

DEMAK[SemarangPedia] –  Dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional (HAI)  pada 2020 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mukti Utama Demak menyelenggarakan pentas seni di panggung terbuka.

Ketua PKBM Mukti Utama Ari Widodo mengatakan momentum HAI yang jatuh setiap tanggal 8 September 2020 diperingti dengan berbagai kegiatan yang telah disiapkan , di antaranya pentas seni di panggung terbuka.

“Kami mempunyai cara tersendiri memperingati HAI 2020,  melalui pentas seni di panggung alam terbuka ini peringatan hari melek huruf 2020  diawali dengan pembacan ayat suci Al Qur’an,” ujar Ari di Demak, Minggu (6/9).

Ari Widodo mengatakan hal itu ketika menyampaikan sambutan dalam acara  peringatan HAI 2020 bertajuk “Cinta Literasi untuk Negeri” yang berlangsung di desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak.

Setelah pembacaan ayat suci Al Qur’an dilanjutkan dengan performance art oleh Ari “Bubut” Widodo Ketua PKBM Mukti Utama, pembacaan puisi oleh Kabid  Pendidikan Non Formal (PNF ) Dindikbud Kabupaten Demak Afida Aspar dan pentas monolog oleh Zoek Zabidi dari Dramalab Semarang.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Ifa Kudfiah menuturkan membaca atau berliterasi adalah wujud aktiakisasi diri dalam memerdekakan diri dari kebodohan.

“Cinta literasi untuk Negeri adalah panggung untuk kita saling mengingatkan tentang hal itu,” tuturnya.

Meski cuaca panas menyengat tubuh, tak menyurutkan para tamu undangan yang hadir untuk menampilkan aksi mereka.

Sarono Kasi Kebudayaan Dindikbud Demak, menampilkan geguritan yang menyentuh  dengan segala kearifannya.

Jejaring  PKBM Mukti Utama yang hadir pada acara tersebut tak mau kalah juga menampilkan berbagai kesenian yang mengedepankan kedamaian, budi pekerti, dan religi.

Adapun yang hadir dan menampilkan aksi mereka di antaranya komunitas pemuda dari Pemuda RT Tiga (Pertiga) Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Demak, JKP 42 , Karang Taruna Tunas Harapan Desa Purwosari Sayung, Karang Taruna Abiyasa  Desa Klitih Karangtengah, Karangtaruna Mangunjiwo Mangunjiwan Demak, Pertiga Gebyok,Komunitas Santri Demak, Book On Wheells (Bow Demak), Kojinitas Omah Hatapan Demak (KOHD)  dan  PWI Demak.

Tak hanya para tamu undangan saja yang menampilkan aksi mereka, warga belajar PKBM Mukti Utama juga tak mau ketinggalan. Sarmadi salah satu peserta didik membacakan surat kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Pak, saya orang desa yang ingin memajukan desa. Desa kami sangat ketinggalan dari segala bidang terutama masalah pendidikan. Desa kami pendidikannya sangat rendah sekali, apalagi sekarang adanya musibah yang kita hadapi bersama sama Covid -19 belajar mengajar di desa kami sangat terganggu sekali. Kuharapkan Pak, belajar mengajar bisa bertatap muka seperti dulu,” demikian penggalan kutipan surat untuk Ganjar yang dibacakan oleh Sarmadi warga belajar Paket C di PKBM Mukti Utama yang berlokasi di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah

Afida Aspar Kabid PNF Dindikbud Demak mengapresiasi sebesar-besarnya kegiatan pentas seni yang diselenggarakan oleh PKBM Mukti Utama dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional.

“Kewajiban kita untuk mengisi kemerdekaan yang ada dengan cara positif. Apapun yang bisa kita lakukan untuk negeri tercinta ini,” ujarnya.  (SMH/RS)

17
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>