Sebarkan berita ini:

30-PLTDJEPARA[SemarangPedia] –  Pulau Kemujan dan Karimun bagian dari 27 pulau di Kepulauan Karimunjawa Kabupaten Jepara kini menjadi gebyar terang, menyusul dioperasikan Pembakit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) berkapasitas 2×2 Megawatt.

PLTD Legon Bajak di Dukuh Telaga, Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa resmi dioperasikan dan kawasan dua pulau, Kemujan dan Karimun tidak gelap lagi, bahkan masyarakat di kawsasan itu sudah dapat menikmati listrik 24 jam seperti di Pulai Jawa.

Peresmian dilakukan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ditandai dengan penekanan bel bersama Direktur Bisnis PT PLN Jawa Bagian Tengah Nasri Sebayang, Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono, Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi, Danrem 073/Makutarama Kolonel Kav Prantara Santosa dan Sekda Jepara Sholih, Senin. (30/5).

PLTD Legon Bajak melayani sambungan listrik 24 jam di dua pulau itu. PLTD yang dibangun di areal lahan sekitar seluas satu hektare telah dinyatakan layak operasi, setelah sebelumnya diuji lima hari hingga akhirnya diresmikan Gubernur.

“Gebyar benderang setelah didukung banyak pihak listriknya sudah nyala 24 jam. Targetnya sebenarnya Juli baru operasional, ternyata bisa lebih cepat dua bulan, setelah PLN berupaya  keras dan warga yang merelakan tanahnya untuk jadi lokasi PLTD,” ujar Ganjar dalam sambutannya.

Pembangunan fisik PLTD Legon Bajak dilaksanakan PT Indonesia Power, anak perusahaan PT PLN, meski sebelumnya sempat mengalami kendala akibat komponen pembangkit utama tidak tersedia.  Namun, akhirnya mendapatkan solusi dengan merelokasi PLTD dari Pontianak.

“PLTD Ini mesin relokasi dari Pontianak, tidak masalah, untuk sementara saja karena yang penting listrik bisa dinikmati dulu. Tolong dirawat, ini aset penting,” tutur Ganjar.

Pembangunan listrik Karimunjawa merupakan bagian dari proyek pembangunan infrastruktur kepariwisataan di Jateng. Setelah listrik, Pemprov Jateng akan membangun pelabuhan, menambah frekuensi pelayaran kapal, jaringan telepon dan jaringan wifi.

“Perpanjangan landasan Bandara Dewandaru juga sedang progres sehingga nanti pesawat besar bisa mendarat, harapannya pariwisata meningkat,” ujarnya.

Menurutnya, Karimunjawa layak menjadi destinasi wisata unggulan Jateng, bahkan Nasional, karena banyak potensi alam yang belum dieksplorasi di kawasan yang terdiri dari 27 pulau itu.

Kepulauan  Karimunjawa terdiri dari gugusan 27 pulau dan hanya lima pulau yang berpenghuni mencakup Pulau Karimun, Kemujan, Nyamuk, Parang, dan Genting.

Namun, baru penduduk Kemujan dan Karimun yang mendapatkan listrik dengan memperoleh pasokan dari tiga PLTD terdiri PLTD Karimunjawa 250 kVA + 500kVA menyala 12,5 jam, PLTD Kemujan 2x100kVA menyala 6 jam, dan PLTD Nyamplungan 100kVA menyala 6 jam.

Saat ini dengan dioperasikan PLTD Legon Bajak, penduduk di Kemujan dan Karimun sudah bisa menikmati listrik 24 jam. Operasional PLTD ditandai dengan pelayanan penambahan daya dan pasang baru, selain sedang diproses pengajuan tambah daya 233 pelanggan dan pasang baru 42 warga

 

407
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>