Sebarkan berita ini:

27-PNS 1SEMARANG[SemarangPedia] – Pemprov Jateng mengeluarkan kebijakan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungannya akan mendapatkan cuti dua hari untuk nyadran atau tilik kubur menjelang Ramadan 2016.

Kepala Biro Humas Pemprov Jawa Tengah (Jateng), Sinoeng N Rachmadi mengatakan cuti nyadran tidak akan menganggu pelayanan kepada masyarakat karena dilaksanakan secara bergiliran.

“Cuti nyadran PNS dimulai Jumat 27/5/2016 dan dibagi dalam tiga periode, sehingga tidak akan menggangu pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya, Jumat (27/5).

Dia menuturkan periode cuti nyadran, yakni periode Jumat dan Senin (30/5), periode kedua Selasa (31/5) dan Rabu (1/6), dan periode ketiga Kamis-Jumat (2-3/5).

Menurutnya, cuti nyadran bukan pemberian libur khusus bagi PNS, karena diambilkan dari cuti tahunan PNS yang diatur dalam Peraturan Pemetintah (PP) No. 24/1976.

Berdasarkan Pasal 4 ayat 1 dan 2 PP No. 24/1976 menyebutkan PNS yang telah bekerja sekurang-kuranya satu tahun secara terus menerus berhak atas cuti tahunan yang lamanya 12 hari kerja.

“Dengan demikian, PNS yang mengambil cuti nyadran dua hari, maka cuti tahunan  dikurangi dua hari, jadi sisa 10 hari,” ujarnya.

Cuti tahunan PNS, lanjutnya, bisa diambil pada akhir tahun, nyadran, dan Idul Fitri. Pengajuan cuti tahunan tidak bisa mendadak, tapi diajukan jauh hari sebelumnya.

“Bisa Jadu, kecuali kalau ada kejadian luar biasa semisal keluarga PNS meninggal dunia, bisa langsung menggunakan cuti tahunan,” tuturnya.

Dia mengatakan cuti tahunan diajukan kepada sekretaris daerah (sekda) sebagai pembina kepegawaian, sedangkan persetujuan oleh kepala dinas satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

 

199
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>