Sebarkan berita ini:

20-rampok1SEMARANG[SemarangPedia] – Otak pelaku perampokan di sejumlah di wilayah Jawa Tengah berhasil diringkus Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah. Tersangka merupakan pecatan anggota TNI dengan pangkat terakhir Serka, bernama Sulisno (45) warga asal Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Tersangka Sulisno ditangkap di tempat tinggalnya di desa Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, setelah petugas melakukan pengejaran hingga  di wilayah Jawa Barat. Polisi terpaksa menembak kaki tersangka karena mencoba melawan saat di tangkap.

Selain pelaku Sulisno, polisi juga menangkap empat tersangka lain terdiri Kamilan (24), Cecep (42), Purwanto (38) dan Maman (44). Terakhir mereka melakukan aksinya di Perum Puri Hijau, Jalan Pumas Raya Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, pada Senin lalu. (19/9)

Dalam melakukan aksinya tersangka dikenal licin dan selalu berpindah-pindah tempat setelah melakukan aksi pencurian, dan berbekal senjata api. Terakhir pelaku bersama komplotannya berjumlah empat orang melakukan aksinya di  Perum Puri Hijau Pumas Raya Purwokerto, Kabupaten Banyumas dan menyekap pemilik rumah.

Bahkan dalam setiap melakukan aksi kejahatan komplotan Sulisno tak segan-segan melukai dan membunuh korbannya jika melawan.

Menurut Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, tersangka melakukan aksinya tidak hanya di wilayah Jawa tengah, tersangka  juga melakukan aksinya di wilayah Jawa Barat. Untuk wilayah Jawa Tengah meliputi Kabupaten Karanganyar sebanyak lima kali, tiga kali di Sukoharjo, Boyolali dan Sragen masing-masing satu kali.

“Tersangka Sulisno memiliki anak buah di setiap wilayah, dan setiap melakukan aksinya selalu membawa senjata api. Tidak hanya diwilayah Jawa Tengah saja, di Jawa Barat Juga Banyak Laporananya”, ujarnya saat di Mapolda Jateng, Kamis (20/10).

Sementara itu, pengakuan Sulisno dipecat dari kesatuan TNI pada 2013, dan bertugas terakhir di Kodim Ciamis dengan  pangkat terakhir Serka, setelah dipecat dia mulai membentuk kelompok pelaku pencurian dengan kekerasan.

”Setelah di pecat mulai membentuk kelompok  pencurian dengan kekerasan di 20-rampok2sejumlah daerah, ” tuturnya.

Tak tanggung-tanggung di wilayah Jawa Tengah di setiap daerah, Kabupaten dan Kota, Tersangka Sulisno memiliki anak buah dengan merekut orang lokal. Setidaknya ada beberapa kelompok yang merupakan satu komplotan dengan Sulisno, di antaranya merupakan residivis.

Dalam setiap melakukan aksinya paling tidak ada 10 orang terlibat dan memiliki peran masing-masing. Kelompok-kelompok ini berlaku senioritas, juga residivis

Atas perbuatannya para pelaku terancam dengan pasal 365 KUHP tentang pencurian yang disertai dengan kekerasan, dengan ancaman hukumannya maksimal 12 tahun penjara.(HN/RS)

207
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>