Sebarkan berita ini:

Demo buruhSEMARANG[SemarangPedia] – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah siap menerjunkan ribuan personilnya untuk mengawal dan mengamankan aksi demo buruh yang dijadwalkan  berlangsung pada Minggu 1 Mei mendatang.

Selain aparat kepolisian, jajaran TNI dari Kodam IV/ Diponegoro juga siap mengerahkan ribuan anggotannya untuk mengawal jalannya peringatan May Day itu.

Karo Ops Polda Jateng Kombes Pol Tatang mengatakan, Polda siap menerjunkan 11.482 anggotanya, sementara dari TNI mencapai sebanyak 5.474 orang personil. Jumlah sebanyak itu belum termasuk anggota instansi terkait seperti Dinas Tenaga Kerja dan Sat Pol PP.

“Aparat itu siap mengawal jalannya demo buruh di wilayah Jawa Tengah,” ujarnya didampingi Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Liliek Darmanto,  Jumat. (29/4).

Menurutnya, terdapat 14 organisasi buruh di Jawa Tengah, terdiri SPSI dan Gerbang (Gerakan Buruh Berjuang) akan melakukan aksi dengan menurunkan sebanyak 1.236.512 juta pekerja dan  tercatat 1.236.512 juta buruh dari 21.802 pabrik se-Jawa Tengah.

“Belum diketahui pasti jumlah pekerja yangakan mlakukan aksi demo, karena terdapat 700 buruh dari Pekalongan dilaporkan berangkat ke Jakarta,” tuturnya.

Sementara pusat para buruh, lanjutnya, dari ibu kota Jawa Tengah di kawasan Tugu Muda, Semarang, dan  mereka akan melakukan orasi dan long march. Namun, di daerah lain juga akan mengisi May Day dengan kegiatan sosial, seperti donor darah dan membagi sembako.

“Kepada para buruh dihimbau tidak melakukan aksi demo anarkis dan menyampaikan tuntutan, hendaknya bisa menjaga ketertiban, dan tidak bertindak arogan,” ujarnya.

Jika mereka masih bertindak anarkis, dia menambahkan dengan merusak fasilitas umum, aparat yang berjaga tidak akan segan-segan menangkap dan memprosesnya secara hukum.

“Demikian, juga bila ada buruh yang mengajak rekannya secara paksa sweeping untuk bergabung melakukan aksi demo, aparat tidak tinggal diam akan bertindak,” tegaas  Tatang.

 

79
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>