Sebarkan berita ini:
Ferry Firmawan PhD Ketua BPD Hipmi Jateng

SEMARANG(SemarangPedia) – Kalangan muda yang tampil di panggung politik menjadi calon anggota legislatif (Caleg) dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019 mendatang, harus menjadi perekat persatuan bangsa ditengah ancaman memudarnya nasionalisme di kalangan generasi milineal.

Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jawa Tengah (BPD HIPMI Jateng) Ferry Firmawan mengatakan polarisasi politik yang semakin dinamis akhir-akhir ini menyeret kalangan politisi muda dalam pusaran kompetisi yang saling berhadapan secara diametral yang kalau dibiarkan terus berpotensi menjadi pemicu perpecahan bangsa

“Situasi ini perlu segera dicairkan, jangan dibiarkan menjadi bola liar agar potensi politisi muda kita tidak terlalu dieskaploitir untuk sesuatu yang kurang produktif, dalam perdebatan  isu politik identitas misalnya politisi muda harus tampil membawa arus solusi, bukan sebaliknya malah menjadi bagian dari problem yang ada di dalamnya,” ujarnya di Semarang, akhir pekan lalu.

Menurutnya, kaum muda yang terjun di dunia politik melalui berbagai parpol harus mampu  menebar nilai – nilai persatuan dan kesatuan, sehingga kehadirannya di panggung politik menjadi pemersatu bangsa, bukan sebaliknya malah menjadi pemicu perpecahan bangsa.

Posisi dan peran politik kaum muda di era reformsi seperti sekarang ini dapat diaktualisasikan melalui lembaga parpol yang berbeda-beda, namun spiritnya harus tetap dalam bingkai ke-Indonesiaan.

Ditengah ketatnya kompetisi politik, lanjutnya, untuk menggaet kekuasaan, transformasi nilai-nilai kebhinekaan menjadi sangat penting bagi  kalangan politisi muda. Karena, nantinya jika pemegang mandat kekuasaan dan kewenangan mengabaikan nilai-nilai kebhinekaan berpotensi memunculkan ketidakadilan yang ujung-ujungnya memunculkan suasana ketidakpercayaan antar anak bangsa, ini harus dihindari.

Dia menambahkan banyaknya kaum muda memasuki ranah politik praktis yang ditandai dengan tampilnya caleg-caleg muda melalui berbagai parpol menjadi indikasi yang sangat menggembirakan. Idealisme pemuda dapat menyemangati dan mewarnai dinamika bangsa.

Tampilnya pemuda di pentas Pemilu Caleg 2019 diharapkan dapat semakin melengkapi kiprah pemuda Indonesia dalam berbangsa dan bernegara. (SMH/RS)

8
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>