Sebarkan berita ini:

7-penipu-nakerSEMARANG[SemarangPedia] – Sebanyak 30-an perempuan pencari kerja di wilayah Kota Semarang mengeluhkan telah tertipu oleh oknum yang menjajikan akan memperkerjakan mereka dengan meminta imbalan selain uang tunai, barang perhiasan dan barang berharga lainnya.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abiyoso Seno Aji mengatakan dua penipu tenaga kerja (naker)  itu telah berhasil ditangkap masing-masing AD dan YL, keduanya merupakan warga Semarang Timur, dan kini  di amankan Petugas Resmob Polrestabes Semarang.

Menurutnya,  pelaku sangat profesional dalam melakukan aksi penipuan tersebut.  Pasalnya, puluhan korban yang di bujuk tanpa curiga menyerahkan barang-barang berharga miliknya kemudian ditinggal lari.

Pelaku, lanjutnya, merupakan residivis dalam kasus yang sama dan pernah ditahan lima tahun lalu dalam kasus yang sama. Pelaku sangat profesional dalam mengaet para calon korban”, ujarnya

“Kedua pelaku yang diduga sudah melakukan aksi penipuan terhadap puluhan perempuan ini, berhasil mendapatkan barang-barang berharga milik korbannya, seperti perhiasan emas, serta uang tunai,”ujarnya, Senin. (7/11)

Menurut pengakuan AD, aksi penipuan yang dilakukan setelah mengetahui ada beberapa perempuan pencari kerja mencoba memberikan selebaran lowongan pekerjaan beserta nomor kontak yang harus dihubungi.

Mengetahui korbannya tertarik,  kemudian meminta YK untuk menerima telepon dan meyakinkan korbannya, termasuk nilai gaji yang akan diterima dan tunjangan lainnya.

“Setelah korbanya tertarik, saya kemudian meminta para korban untuk melakukan tes wawancara. Sebelum melakukan tes wawancara tersebut, saya meminta para korbannya meninggalkan barang-barang berharga, seperti perhiasan emas, tas, dompet serta jam tangan, dengan alasan ruangan tempat tes wawancara harus steril dari benda-benda lainnya”, tuturnya.

Sementara itu,  Nur Azizah, salah satu korban yang hadir di Polrestabes Semarang mengaku percaya dengan selebaran lowongan pekerjaan yang ditawarkan pelaku

“Saat menyerahkan barang, tidak curiga dengan pelaku yang mebawa kabur barang-barang miliknya,” ujarnya.

Atas tindakan pelaku yang melakukan penipuan ini, Petugas akan menjerat dengan pasal 378 KUHP mengenai penipuan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. Selanjutnya untuk mengembangkan kasus penipuan ini, petugas akan melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap pelaku. (RS/HN)

258
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>