Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia]  – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berperan besar dalam mewujudkan kerukunan umat beragama ditengah keberagaman keyakinan yang dianut masyarakat.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Jawa Tengah (FKUB Jateng) KH Drs Taslim Syahlan MSi mengatakan sebagai bayangkari negara Polri selalu hadir mengayomi seluruh warga negara dalam beragama tanpa membeda-bedakan agama yang dipeluk tiap warga negara Indonesia.

“Dengan demikian, pada hari ulang tahun Polri ini perkenankan kami mewakili seluruh umat beragama di Jateng mengucapkan selamat, semoga Polri selalu sukses mengemban amanat bangsa dan negara,” ujar kyai Taslim saat menyampaikan orasi kebangsaan dalam acara Doa Bersama Anak Bangsa menyambut HUT Bhayangkara ke-73 di Lapangan Simpanglima Semarang, Kamis (11/7) malam.

Menurutnya, dibawah bimbingan Polri masyarakat berhasil membangun suasana hidup yang harmonis, sehingga suasana persaudaraan dan kerukunan selalu terpelihara ditengah keragaman keyakinan.

Dalam suasana rukun dan guyup itulah, lanjutnya, semuanya dapat menjalankan ibadah dan melaksanakan ajaran agamanya dengan nyaman, tidak ada gangguan yang mengusiknya.

Dia menambahkan soliditas dan kerukunan umat beragama ini menjadi modal sosial yang mahal untuk menjaga keutuhan NKRI.

Implementasi nilai-nilai luhur masing-masing agama oleh para pemeluknya selama ini tidak sampai memunculkan disharmoni meski ada perbedaan yang mendasar.

Sebelumnya para tokoh agama di Jateng juga menyampaikan orasi kebangsaan, mereka di antaranya Pendeta Em Eka Lasa Purwibawa (Kristen), Rm Eduardus Didik Cahyono SJ (Katolik), I Nyoman Surahatta(Hindu), Bhiksu Nyana Suryanadhi Maha Thera (Bhuda),

Khonghucu  JS Andi Gunawan.  (SMH/RS)

3
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>