Sebarkan berita ini:

25-Diskusi SepakbolaSEMARANG[SemarangPedia] – Bibit-bibit unggul pemain sepakbola yang potensial banyak ditemukan di sejumlah pondok pesantren di Jawa Tengah, sehingga melalui Liga Santri Nasional (LSN) yang bakal digelar diharapkan lahir pemain yang memiliki prestasi dan akhlak mulia.

Pelatih sepakbola usia muda yang juga mantan pelatih Pusat Pendidikan dan Latihan (PPLP) Sepak Bola Jateng, Edy Prayitno menilai sejumlah Pondok Pesantren (Ponpes) yang tersebar di kabupsten/kota memiliki banyak calon pemain sepakbola potensial.

Menurutnya, hasil pantauan yang dilakukan belum lama ini, di Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Magelang, terdapat dua pemain yang memiliki kemampuan melebihi siswa di PPLP.

“Bedanya kalau di PPLP dibimbing dengan baik kalau di pesantren masih asal-asalan karena mengutamakan mengaji. Jadi potensinya luar biasa, hanya belum tergarap,” ujarnya dalam diskusi bertajuk Revolusi Sepakbola Nasional dari Pesantren, yang digelar di gedung DPRD Jateng, Kamis (25/8).

Diskusi itu diselenggarakan untuk menghadapi gelaran Liga Santri Nusantara (LSN) 2016 oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Edy menuturkan melalui LSN tahun ini diharapkan ke depan muncul pemain yang memiliki akhlak mulia. “Tidak ada lagi pemain yang memukul wasit, tapi cium tangan wasit,” tuturnya.

Terkait karakter pemain, dia menambahkan agar PSSI  dalam membentuk Tim Nasional (Timnas) guna dalam membentuk karakter para pemain tidak perlu dilakukan ke Eropa. Namun, cukup dibentuk karakternya di dalam negeri.

Menurutnya, dalam pembentukan karakter itu, selama tiga bulan pertama dimasukan ke pesantren, supaya para pemain memiliki karakter baik dan berpikiran positif sehingga  segala hal yang dilakukan dengan jujur terutama dalam sepakbola.

Selain itu, lanjutnya, para pemain digembleng untuk membentuk karakter berjuang, disiplin, semangat tinggi, dan tak kenal menyerah.

“Selama ini yang digodok hanya teknisnya, fisiknya, dan skil individu, tapi karakternya terlupakan,” ujarnya. (RS)

 

344
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>