Sebarkan berita ini:

3-gubernur-garamSEMARANG[SemarangPedia] – Potensi kemaritiman di wilayah Jawa Tengah dengan garis pantainya yang panjang membuka peluang besar, untuk segera mewujudkan kedaulatan garam sehingga kebutuhan pasar tidak lagi bergantung pada garam impor.

“Kami akan membangun pabrik garam modern dan berkualitas dan doharapkan pembangunan pabrik garam ini dapat segera terealisasi. Anak bangsa harus bisa membuat garam sendiri. Jangan impor terus,” ujar Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memimpin Apel Gabungan Unsur Maritim di Kota Semarang Dalam Rangka menyambut Hari Maritim Internasional, di Lapangan Pancasila (Simpanglima), Senin (3/10).

Menurutnya, Jawa Tengah memiliki 32 pulau kecil yang tersebar di Laut Jawa dan satu pulau di Samudera Hindia, Pulau Nusakambangan. Garis pantainya juga terhitung panjang mencapai 797,73 kilometer, terdiri dari 508,69 kilometer di pantai utara dan 289,04 kilometer di pantai selatan.

“Kondisi tersebut memberikan keuntungan di sektor kemaritiman. Tidak hanya potensi produksi garam, sektor perikanan tangkap pun sangat potensial untuk dioptimalkan,” tuturnya.

Sebelumnya, Pemprov Jateng siap merealiasasikam sebanyak lima pabrik garam di kwasan pantura Jateng dengan pilihan lokasi di antaranya di Kabupaten Jepara, Rembang maupun Pati, sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pasar garam rakyat yang berkualitas.

Langkah pendirian pabrik garam itu, kata Ganjar, selain potensi garam di sejumlah wilayah pantura Jawa Tengah sangat besar,  juga belum mampu diproduksi secara optimal, hingga belum bisa untuk memenuhi kebutuhan pasar tradisional di beragai daerah.

“Jateng segera dirikan pabrik garam itu, bahkan untuk lima unit pabrik dibangun untuk percontohan produksi garam berkualitas,” ujarnya. (RS)

57
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>