Sebarkan berita ini:

power swingSEMARANG [SemarangPedia] – Olah raga Power Swing kini mulai berkembang dan digemari seiring dengan kesibukan aktifitas. Tak butuh ruangan dan jam khusus lantaran hanya bermodal tali sling dan kain pengait tubuh.

“Gerakan dengan mengandalkan otot dan kelenturan tubuh olahraga menjadikan kombinasi dari yoga, pilates, fitnes dan gym. Gerakan berayun dengan kelenturan tubuh pada sling dan kain mnggunakan kaki sebagai pengunci,” ujar Simone Kusuma, Founder dan Instruktur Power Swing Hotel Grand Candi Semarang beberapa hari lalu.

Olah raga yang hanya menggunakan tali dan kain ayunan mampu menahan berat hingga 200 kg, alat bantu berupa swing atau ayunan khusus mampu menopang badan, tangan, dan kaki.Beberapa gerakan dasar untuk memperkuat otot atau disebut dengan baby pose dan savasana pose, biasanya harus dikuasai terlebih dahulu oleh para pemula.

Simone mengatakan, power swing yoga mempunyai banyak khasiat. Mulai melenturkan badan, menjaga fleksibilitas tulang dan badan, sampai menjadi terapi bagi orang yang menderita skoliosis (kelainan tulang belakang) serta beberapa penyakit tulang lain.

“Tercatat ada 30 gerakan tiap satu program dengan manfaat melenturkan badan, meredakan sakit punggung dan melancarkan peredaran darah serta memperbaiki kelainan tulang belakang,” tambahnya.

Awalnya jika orang melihat olah raga ini akan ngeri dengan gerakannya terlihat ekstrim dan berbahaya. Tapi dengan instruktur bepengalaman dan keamanan alat yang terjamin, maka gerakan tersebut bisa dipelajari dengan mudah dan menyenangkan.

“Kekuatan tali sudah diseseuaikan dengan dijadikan alat bantu, maka gerakan yoga yang susah dilakukan malah akan menjadi lebih mudah dan funny,” ungkapnya.

Ekasari Dian salah satu peserta Power Swing awalnya nampak lelah mengikuti setiap gerakan yang diberikan. Meski terkadang kesulitan karena baru mencoba.

“Awal memang ngeri, tapi setelah mencoba asyik juga. Ngga sesulit waktu pertama ngelihat, manfaat di badan juga terasa enak karena semua otot begerak aktif,” terangnya.

610
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>