Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Ratusan warga mulai menyerbu pendaftaran calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada serentak 2020 yang dibuka di  21 kabupaten/kota di wilayah Jateng.

Pendaftaran seleksi calon anggota PPK dibuka 18-24 Januari 2020. Setiap kecamatan dibutuhkan sebanyak lima orang anggota.

Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Komisi Pemilihan Umum Jateng M Taufiqurrahman mengatakan minat masyarakat menjadi anggota PPK cukup tinggi.

“Sejak dibuka pendaftaran calon aggota PPK pada Sabtu (18/1) lalau untuk sementara jumlah yang mendaftar mencapai 413 orang,” ujarnya, Senin (20/1).

Jumlah pendaftar calon anggota PPK di setiap kecamatan rata-rata mencapai 20 orang. Paling banyak di Kabupaten Wonosobo dan Kota Semarang masing-masing 41 orang.

“Bagi masyarakat yang ingin mendaftar masih diberikan kesempatan hingga Jumat (24/1) mendatang,” tuturnya.

Persyaratan menjadi anggota PPK di antaranya berusia paling rendah 17 tahun, tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau paling singkat dalam jangka waktu 5 (lima) tahun.

Selaian itu lanjutnya, berdomisili dalam wilayah kerja PPK setempat, bebas dari penyalahgunaan narkotika, berpendidikan paling rendah sekolah lanjutan tingkat atas (SMA) atau sederajat.

Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih.

Manurutnya, pelaksanaan tes tertulis yang akan dilaksanakan pada 30 Januari 2020 ada beberapa KPU kabupaten/kota menerapkan computer assisted test (CAT).

“Terdapat lima kabupaten/kota yang akan menerapkan teknologi komputer atau CAT meliputi KPU Demak, KPU Kota Semarang, KPU Kabupaten Pemalang, KPU Purworejo, dan KPU Kebumen,” ujarnya. (RS)

6
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>