Sebarkan berita ini:

17-Tol1BATANG[SemarangPedia] –  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengisyaratkan pembangunan ruas tol Pemalang-Batang sepanjang 30 kilometer dan Batang-Semarang sepanjang 75 KM bisa rampung akhir 2018, meski masih akan menghadapi kendala pembebasan lahan.

Menurutnuya, proyek infrastruktur itu harusnya sudah dilaksanakan 20 tahun lalu, karena ada terkendala pembebasan lahan akhirnya molor dan kini pembangunan akan dikebut.

“Di mana-mana, pembangunan jalan tol, bandara, pelabuhan pemasalahnya pada pembebesan lahan,” ujarnya saat membuka grounbreaking ruas tol PT Pemalang-Batang dan Batang-Semarang di Dsa Pasekaran, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jum’at (17/6).

Dia menyebut pembangunan rus tol di Indonesia jauh ketinggalan, jika dibandingkan negara lain yang mampu menyelesaaikan ratusan kilometer. Namun demikian, masalah pembebasan lahan menjadi faktor utama yang menghambat investasi selama ini.

“Kita sekarang itu eranya bersaing dengan negara lain. Mereka sudah sampai ratusan kilometer. Dan sudah membangun tol serta jalur kereta api cepat mencapai ribuan kilometer, kita baru membangun tol Trans Jawa mendekati selesai. Ini pun tidak bisa sambung-sambung,” tuturnya.

17-Jokowi1Seperti diketahui, ruas tol Batang-Pemalang sepanjang 30 kilomter dikerjakan rekanan PT Sumber Mitra Jaya dan Waskita dengan nilai investasi sebesar Rp4,8 triliun. Sedangkan, ruas tol Batang-Semarang sepanjang 75 KM dikerjakan PT Jasa Marga Semarang dengan pemegang saham PT Jasa Marga dan PT Waskita senilai Rp11 triliun.

“Dari Jakarta ke tol Pejagan baru selesai sambung, diteruskana  Brebes- Pemalang. Lamban sekali masalah penyelesaian pembebasan lahan. Jalan tol ini untuk kepentingan umum, bukan untuk saya,” ujarnya.

Presiden Jokowi secara simbolis membuka Groundbreaking tol itu, yang dihadiri Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen Jaswandi dan Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, serta Direksi PT Trans Marga dan PT Waskita. (RS)

163
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>