Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Presiden terpilih hasil pilpres 2019 untuk lima tahun ke depan harus memprioritaskan terwujudnya pemerintahan yang bersih, keadilan dan kesejahteraan, sebagai program utama dalam menjalankan roda pemerintahannya.

Guru besar hukum tata negara (HTN) Universitas Padjadjaran ( UNPAD) Bandung, Prof Dr Bagir Maman SH mengatakan tiga hal itu merupakan hak rakyat yang diamanatkan dan harus dipenuhi secepatnya.

“Karena itu masyarakat harus berpartisipasi mengawasi jalannya pemerintahan,” ujar Prof Bagir saat menyampaikan pandangannya dalam Focimus Group Discussion (FGD) Sosialisasi Kompetisi Piala Presiden Nasional Media di Hotel Santika Semarang, Jum’at (16/8).

Menurutnya, pemerintahan yang bersih  merupakan wujud jawaban atas belenggu problem korupsi yang merugikan rakyat, karena selain uangnya dirampas koruptor, hak untuk menikmati uangnya juga dirampas.

Perilaku korupsi, lanjutnya, bisa tumbuh di berbagai tempat baik di lingkungan politisi maupun birokrasi. Sedangkan terwujudnya keadilan dan kesejahteraan menjawab problem ketimpangan, kepincangan dan kurangnya pemerataan hasil pembangunan

Dia menambahkan insan media harus hadir ditengah-tengah upaya yang dilakukan oleh masyatakat bersama pemerintah untuk mewujudkan itu. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari upaya dari upaya itu.

Dosen Universitas Multimedi Nusantara yang juga wartawan senior harian Kompas Ninok Leksono menuturkan untuk mewujudkan amanat itu, saat ini bangsa Indonesia harus bekerja keras, meski sudah 74 tahun menghirup udara kemerdekaan.

Menurutnya, kemerdekaan yang dicapai ini bukan merupakan tujuan, tetapi hanya jembatan emas yang harus dilewati untuk menuju sisi seberang yakni masyarakat yang adil, makmur dan sejahteta.

“Nah sekarang  kita masih di jembatan emas ini, kalau berhenti dan tidak berusaha maka tidak mungkin akan bisa mencapai atau melampaui garis seberang, karena itu agar cita-cita terwujud maka harus terus berupaya keras,” ujarnya. (SMH/RS)

5
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>