Sebarkan berita ini:

7-BorobudurMAGELANG[SemarangPedia] – Presiden Ukraina Petro Poroschenko dan istrinya Maryna Poroshenko begitu kagum ketika mengunjungi Candi Borobudur, hingga tidak hentinya menggambil foto berpoese di beberapa tempat, bahkan di lantai paling atas  Candi terbesar dunia itu.

Keindahan dan kemegahan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang begitu mengagumkan bagi orang terkaya di Ukraina itu, dengan ramah menyapa para wisatawan yang memadati candi agung peninggalan agama Buddha tersebut.

Tidak itu, dia menyapa dan melambaikan tangan saat difoto oleh wisatawan dan sejumlah staf rombongan Ukraina.

Namun, momen ini tak bisa diabadikan kamera jurnalis karena tidak diperkenankan mendekat oleh Paspampres dan aparat polisi. Kalangan pers hanya diperbolehkan ‘menonton’ dari jauh kunjungan kenegaraan ini. Poroschenko berkeliling Borobudur sekitar 30 menit pada Sabtu seore. (6/8).

Staf Balai Konservasi Borobudur (BKB) Panggah Ardyansyah mengatakan, Poroschenko menanyakan tentang relief Lalitavistara. Relief ini menceritakan riwayat hidup Sidharta Gautama mulai lahir hingga menemukan pencerahan sejati dengan menjadi Sang Buddha di Kota Benares.

”Presiden juga menanyakan relief tentang reinkarnasi Buddha. Beliau sempat membandingkan dengan Angkor Wat. Ia berpendapat Candi Borobudur lebih terawat. Beliu menilai Candi Borobudur sangat besar dan indah. Beliu sempat selfie juga,”ujarnya.

Rombongan Presiden Ukraina tiba di pintu Kenari sekitar pukul 15.45 WIB dan disambut Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, Ketua DPRD Jateng Rukma Setiabudi, Bupati Magelang Zaenal Arifin, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jateng Prasetya Aribowo serta Direktur Pemasaran dan Kerja Sama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Ricky SP Siahaan.

Poroschenko bernampilan santai memakai baju putih lengan pendek dan celana jeans, sedangkan  istrinya Maryna memakai baju blus pendek serta celana abu-abu. Mereka ditemani anak dan sejumlah pengusaha Ukraina. Selama kunjungan rombongan Presiden Ukraina kondisi cuaca di Borobudur mendung tebal dan sempat turun hujan.

Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko menuturkan kunjungan Petro Poroschenko ke Candi Borobudur sebenarnya sebatas kunjungan biasa  usai bertemu Presiden Jokowi di Jakarta dan Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X di Yogyakarta.

Namun demikian, lanjutnya, kunjungan ini bernilai positif karena bisa mendorong inspirasi kerja sama antara Pemerintah Ukraina dengan Pemprov Jawa Tengah, terutama bidang pariwisata, mengingat jumlah wisatawan Eropa Timur ke Indonesia relatif sedikit dan Ukraina diharapkan bisa menjadi pintu masuk bagi kunjungan wisatawan dari negara-negara Eropa Timur.

191
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>