Sebarkan berita ini:

12-Mudik Gratis sepeda motor1SEMARANG[SemarangPedia]- Program mudik gratis bagi sepeda motor yang akan diangkut dengan kereta api barang dan difasilitasi pemerintah pada Lebaran tahun ini ternyata sepi peminat.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan kuota mudik gratis untuk pemudik bersepeda motor yang disediakan pemerintah pada Lebaran tahun ini sebanyak 30.000 unit, ternyata tidak sepenuhnya digunakan oleh para pemudik pemilik sepeda motor.

“Tahun ini, lanjutnya, disediakan kereta api barang berkapasitas 30.000 unit sepeda motor untuk program mudik gratis bagi sepeda motor itu. Namun, ternyata kuota itu tidak penuh, hingga kereta api barang menjadi kosongt. Bahkan, tidak ada 90% dari kuota yang disediakan itu dimanfaatkan pemeliki sepeda motor,” ujarnya saat meninjau kesiapan arus balik di Stasiun Poncol Semarang, Selasa. (12/7)

12-Menhub1Menurutnya, kuota yang disediakan bagi pemudik bersepeda motor secara gratis dengan mengalihkan ke angkutan umum terutama kereta api barang, untuk mengurangi kepadatan tahun ini sudah naik tiga kali lipat

Masyarakat, dia menambahkan lebih menginginkan menggunakan sepeda motor untuk mudik Lebaran sebagaimana prediksi kenaikan pemudik sepeda motor tahun ini yang mencapai 50%.

“Pemudik, hingga saat ini masih menginginkan mudik dengan menggunakan sepeda motor.  Ya, gak apa-apa. Tinggal diatur saja. Tahun depan, kami akan atur caranya yang baik bagaimana,” tuturnya.

Pada Lebaran tahun ini, mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) itu menyebutkan moda transportasi pribadi, baik sepeda motor dan mobil diprediksi mengangkut delapan juta orang.

“Untuk kendaraan pribadi, yang paling banyak prediksi kami memang sepeda motor. Jumlahnya naik sekitar 50% dibanding Lebaran tahun lalu. Mengenai evaluasinya, nanti saja,” paparnya. (RS)

 

 

69
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>