Sebarkan berita ini:

JMAKRINDODEMAK[SemarangPedia] – Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) mendukung penuh pelaksanaan Program Jangkau, Sinergi, dan Guideline (Jaring) yang digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan.

Program Jaring tersebut bertujuan menjawab kebutuhan stakeholders terhadap informasi tentang database Kelautan dan Perikanan, skim pembiayaan, pemetaan risiko bisnis dan dukungan regulasi dari otoritas terkait.

“Program yang bertujuan mengejawantahkan  satu program pemerintah dengan sasaran utama mengangkat pembangunan maritim melalui pembiayaan di sektor kelautan dan perikanan,” ujar Direktur Bisnis Penjaminan Perum Jamkrindo Bakti Prasetyo di Demak, Kamis, (12/5).

Dia di sela kegiatan sosialisasi Program Jaring di Pelabuhan Perikanan Pantai Morodemak, Desa Purworejo, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak mengatakan pihaknya mendapatkan tugas dalam membantu dan mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta koperasi untuk mengakses modal perbankan.

Kegiatan sosial itu, juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad, Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, serta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng Lalu Muhammad Syafriadi.

puan maharani1

“Fase ini di sektor maritim lah yang menjadi andalan, maka Jamkrindo mendukung penuh akses pembiayaan dengan penjaminan,” tuturnya.

Menurutnya, dengan adanya jaminan yang diberikan Perum Jamkrindo, bakal mendorong perbankan semakin agresif untuk menyalurkan kreditnya kepada para pelaku UMKM, termasuk untuk para nelayan yang sekarang ini prosentasenya masih kecil memperoleh kredit perbankan.

“Saya menilai disektor maritim ini banyak potensi yang harus digali didalamnya,” ujarnya.

Dia menuturkan Perum Jamkrindo sangat mendukung dalam setiap pelaksanaan Program Jaring yang diluncurkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Pantai Bodia, Takalar, Sulawesi Selatan, pada 11 Mei 2015.

Program Jaring pemerintah melalui OJK bekerja sama dengan KKP ini, sebagai upaya untuk melayani  kebutuhan pemangku kepentingan terhadap informasi tentang “database” kelautan dan perikanan, skema pembiayaan, pemetaan risiko bisnis, serta dukungan regulasi dari otoritas terkait.

puan maharaniSasaran utama Program Jaring selain peningkatan pertumbuhan pembiayaan di sektor kelautan dan perikanan juga target pertumbuhan pembiayaan lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya.

Pasalnya Program Jaring bisa meningkatkan akses masyarakat terhadap jasa keuangan yang lebih luas, meningkatkan pemahaman Sektor Jasa Keuangan (SJK) terhadap bisnis sektor kelautan dan perikanan lebih baik, memperbaiki tingkat kesejahteraan nelayan dan pelaku usaha mikro dan kecil, menambah peluang lapangan kerja, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Perum Jamkrindo melalui Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia telah bekerja sama dengan Asosisasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) dengan menyepakati tentang penjaminan pembiayaan berorientasi ekspor dan ekonomi kreatif, termasuk di dalamnya ekspor bidang kelautan dan perikanan.

Selain penjaminan program  utama penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), Perum Jamkrindo juga memilki banyak produk penjaminan yang lain diantaranya Penjaminan Kredit Umum, Penjaminan Kredit Mikro, Penjaminan Kredit KPR, Penjaminan Kredit Konstruksi dan Pengadaan Barang dan Jasa.

144
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>