Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPeda] – Proyek pembangunan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang diharapkan sudah rampung pada Mei tahun ini, sehingga dapat dioperasikan untuk melayani arus mudik dan balik Lebaran 2018.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Sugihardjo mengatakan terminal baru Bandara A Yani Semarang, ditargetkan dapat beroperasi pada masa Lebaran 2018.

Menurutnya, proses pembangunan terminal penumpang ini progresnya sangat positif. Apabila bisa rampung sebelum Lebaran berarti maju dari yang dijadwalkan, mengingat target semestinya pada akhir tahun ini.

“Kalau Mei mendatang selesai, berarti lebih cepat dari target,” ujarnya di sela meninjau progres pembangunan fisik terminal penumpang Bandara Internasional A Yani Semarang, Kamis (22/3).

Sugihardjo meninjau pembangunan fisik terminal penumpang didampingi Direktur Operasional PT Angkasa Pura (AP) I, Wendo Asrul Rose.

Jika proses pembangunan ini selesai, lanjutnya, akan dilakukan verifikasi dan selanjutnya dilaporkan kepada Menteri Perhubungan (Menhub).

Bandara A Yani, dia menambah saat ini kapasitas desainnya hanya mampu menampung 800.000 penumpang per tahun, karena luas arealnya hanya berkisar 5.800 meter persegi.

“Pertumbuhan penumpang di bandara cukup pesat dan sudah mencapai 4,4 juta per tahun, sehingga luasan areal terminal penumpang harus ditingkatkan menjadi sembilan kali lipat. Dengan demikian bandara ini je depan bakal mampu menampung 6 juta penumpang per tahun,” tuturnya.

Direktur Operasional PT AP I Wendo Asrul Rose menuturkan untuk progres pelaksanaan di lapangan, khususnya Paket 1 berupa jalan akses sudah diselesaikan keseluruhanya.

Selain itu, menurutnya, pekerjaan Paket 2 yang meliputi Area Air Side seperti Taxiway dan Apron 13 parking stand juga sudah selesai 100%. Sedangkan Paket 3 bangunan terminal penumpang, saat ini progress fisik di lapangan sudah mencapai 63%.

“Kemudian untuk Paket 4 yang meliputi bangunan penunjang sudah sekitar 10%. Terkait dengan terminal penumpangini PT AP I akan berupaya untuk menyelesaikan pada Mei tahun ini,” ujarnya. (RS)

80
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>