Sebarkan berita ini:

BOGOR [SemarangPedia] – Publikasi tentang capaian program, kegiatan dan kebijakan pemerintah melalui saluran komunikasi publik yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Kabinet Kerja, tidak perlu diributkan dan dipersoalkan apalagi dikait-kaitkan dengan kampanye Pemilu 2019 mendatang.

Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan Presiden RI Ir Jokow Widodo (Jokowi) saat diminta tanggapan para wartawan tentang iklan layanan masyarakat yang ditayangkan di salah satu saluran publik menuturkan salah satu tugas Kemenkominfo adalah menjalankan fungsi hubungan masyarakat (humas) pemerintah, sehingga masyarakat dapat mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah.

“Sebagai humas pemerintah Kemenkominfo salah satu tugasnya adalah menyampaikan tentang capaian program, kegiatan dan kebijakan pemerintah melalui saluran yang tersedia kepada masyarakat.  Ini perintah UU nomor 30 /  2008, Perpres 54/2015 dan Inprers 9/2015  “ ujar Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Jum’at (14/9)

Menurutnya, Kemenkominfo sebagai bagian dari pemerintah dengan mengacu sejumlah regulasi itu diberi amanat dan tugas, untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang pembangunan yang sudah selesai atau yang masih dalam proses agar masyarakat dapat mengetahui dan mengikuti, tugas ini dulu diemban oleh Departemen Penerangan dan sekarang oleh Kemenkominfo.

Informasi serupa sebenarnya pernah bahkan sering ditayangkan sejak beberapa tahun lalu  melalui berbagai macam saluran, termasuk salah satunya dapat ditemukan melalui kanal You Tube.

Publikasi ini, lanjutnya,  merupakan salah satu upaya yang ditempuh pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang informasi, sehingga melalui cara ini masyarakat bisa mendapat informasi tentang kerja dan kebijakan pemerintah sebanyak-banyaknya dan sejelas-jelasnya.

Dia menambahkan pemerintahan-pemerintahan terdahulu juga demikian, melalui lembaga yang ditunjuk untuk menjalankan fungsi kehumasan secaras berkala selalu menyampaikan berbagai kegiatan pemerintah, termasuk hasil pembangunan, proses  pembangunan, rencana pembangunan dan berbagai kebijakan.

Hal ini menjadi sesuatu yang wajar, tidak perlu dikait-kaitkan dengan hal-hal lain, apalagi masyarakat kini sudah semakin paham dan mampu membedakan mana informasi yang  beraroma kampanye dan mana yang tidak. (SMH/RS)

 

 

5
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>