Sebarkan berita ini:

DemoSEMARANG[SemarangPedia] – Puluhan aktivis yang bergabung dalam wadah  Yayasan Lembaga Bantuan Hukum  (YLBHI), Legal Resources Center untuk Keadilan Jender dan Hak Asasi Manusia (LRC-KJHAM) dan persatuan Mahasiswa Hukum Indonesia (Permahi) menggelar aksi di depan patung kuda, Undip, Jalan Pahlawan, Semarang, Selasa (2/8).

Mereka menuntut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membatalkan pembangunan pabrik semen di kawasan pegunungan Kendeng, Pati.

Dalam aksinya, mereka mendirikan tenda kecil terbuat dari terpal berwarna biru di lokasi tersebut dan akan digelar selama tiga hari, Selasa hinga Kamis (4/8).

Umi Hani, salah satu aktivitas itu mengatakan tenda tersebut merupakan wujud dukungan dari komunitas pecinta alam Semarang kepada Jaringan Masyarakat Peduli Pegunugan Kendeng (JM-PPK). 

Selain aksi di Semarang, lanjutnya, JM-PKK juga menggelar aksi dengan membangun tenda di depan Istana Negara Jakarta selama sepekan, mulai Selasa pekan lalu.

“Di depan Istana Negara, JM-PKK mereka menuntut Presiden Jokowi bersedia menemui warga Kendeng untuk memecahkan solusi. Kabar terakhir yang kami dengar, sampai sekarang mereka masih mendirikan tenda karena Jokowi belum menemui,” ujarnya. 

Dalam orasinya, Koordinator Aksi, Prihantoko mengatakan, proyek semen di kawasan pegunungan kendeng penuh dengan kejanggalan, karena ada kecurangan dalam proses pembangunan pabrik semen itu dengan memalsukan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL). 

“Dalam AMDAL tersebut, dijelaskan tidak ditemukan sumber mata air di wilayah pabrik semen. Padahal, sebenarnya ada tiga mata air yang masih aktif di sana, “tuturnya. 

Prihantoko mengajak Gubernur untuk berdiskusi membedah AMDAL yang diajukan PT Semen Indonesia.

“Kalau perlu, survei ke wilayah pembangunan pabrik biar tahu kondisinya dan diharapkan Gubernur masih memikirkan rakyatnya,” ujarnya.(RS)

108
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>