Sebarkan berita ini:

18-Jurnalis demoSEMARANG[SemarangPedia] – Puluhan Jurnalis Kota Semarang menggelar aksi solidaritas terhadap aksi kekerasan terhadap jurnalis oleh oknum anggota TNI Angkatan Udara di Medan.

Mereka sangat menyayangkan arogansi oknum aparat yang menyebabkan seorang pewarta harus di rawat di Rumah Sakit.

Aksi di lakukan di Bundaran Air Mancur di Jalan Pahlawan, Kota Semarang. Sambil membawa poster, para jurnalis baik cetak, televisi maupun elektronik ini terus menyuarakan kutukan terhadap oknum yang melakukan kekerasan terhadap jurnalis, Kamis. (18/8)

Mereka menilai apa yang sudah dilakukan oknum anggota TNI Angkatan Udara Lanud Soewondo Medan, yang memukuli jurnalis sudah sangat keterlaluan. Terlebih saat itu sang jurnalis hanya hendak melakukan wawancara kepada seorang warga dan sudah berupaya menunjukan kartu pers.

Tidak hanya satu kali, setelah mendapat perlakuan kasar, jurnalis tersebut kembali di pukuli saat melintas di pos yang di jaga sejumlah anggota TNI Angkatan Udara. Atas tindakan itu jurnalis Semarang sangat menyayangkan sikap oknum anggota TNI Angkatan Udara di Medan  yang selama ini menjadi mitra media.

Damar Sinuko selaku koordinator aksi mengatakan seharusnya kejadian ini tidak terjadi, kalangan pers bekerja itu dilindungi undang-undang.

“Aksi yang dilakukan jurnalis Semarang sebagai bentuk solidaritas sesama insan pers. Panglima TNI harus bertanggung jawab dan mengusut tuntas siapa pelakunya,” ujarnya.

Tidak hanya di Kota Semarang, aksi solidaritas jurnalis juga di lakukan di beberapa Kota Besar lainnya. Jurnalis mengharapkan institusi yang selama ini menjadi mitra bisa benar – benar bisa saling mengerti kerja jurnalis, sehingga tidak kembali terjadi kekerasan terhadap mereka.

Jurnalis Semarang juga mengharapkan  kekerasan terhadap  jurnalis di Medan adalah kejadian yang terakhir kalinya, jangan ada lagi kekerasanterhadap jurnalis. (HN/RS)

73
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>