Sebarkan berita ini:

13-pkl-sayungSEMARANG[SemarangPedia] – Puluhan lapak pedagang kaki lima (PKL) di bantaran sepadan saluran sungai DI Pelayaran Sayung, Batu, Kabupaten Demak mulai ditertibkan oleh Balai Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jragung Tuntang Provinsi Jateng.

Penertiban lapak PKL di sepadan saluran sungai DI Pelayaran Sayung, Batu, Kabupaten, dilakukan karena pembuatan lapak mereka sangat menggangu dan menghambat kelancaran aliran sungai itu.

Kepala Balai PSDA Jragung Tuntang Provinsi Jateng Indah Sulistyowati mengatakan upaya penertiban bangunan PKL di sepadan sungai itu, untuk memperlancar saluran bisa berfungsi maksimal.

Selain untuk kelancaran arus air di sungai, lanjutnya, langkah tersebut sekaligus menegakan aturan perundangan yang berlaku serta mendukung program pemerintah terkait saluran sungai yang bersih.

“Penertiban ini sesuai instruksi Gubernur Jateng yang menginginkan pembenahan infratruktur. Selain itu, sesuai Peraturan Daerah (PERDA) Sepadan yang telah ditetapkan, keberadaan bangunan di sepadan sungai atau saluran tidak diperbolehkan,” ujarnya saat berada di lokasi penertiban di Sayung, Demak, Kamis (13/10).

Indah menambahkan pembongkaran bangunan lapak PKL kali ini merupakan tindaklanjut program yang sudah dilaksanakan tahun lalu di wilayah Kabupaten Demak. Sedikitnya 20 PKL yang menutupi saluran sungai berhasil di bongkar.

13-lapak-sayung1“Hari ini kita tertibkan lagi sekitar 20 PKL dan diharapkan agar saluran DI Pelayaran Sayung Batu bersih dari sampah yang menumpuk hasil buangan berasal dari PKL serta mempermudah untuk pemeliharaan jaringan irigasi,” tuturnya.

Dalam pembongkaran tersebut, lanjutnya, tidak  ada upaya perlawanan dari puluhan PKL, meski dalam langkah penertiban PKL  itu juga melibatkan sejumlah personil baik dari Satpol PP, TNI, Polri serta Balai PSDA Provinsi Jateng.

“Para PKL tidak ada perlawanan kepada petugas, mereka menyadari dan sebagian besar  mereka bersedia membongkar kios sendiri atau dibantu dari petugas,” ujarnya.

Penertiban PKL DI Pelayaran Sungai Sayung Batu berada di wilayah Kecamatan Karang Tengah meliputi Desa Sayung, Onggorawe dan Batu. Dalam pembongkaran itu,  Balai PSDA Jragung Tuntang Propinsi Jawa Tengah dibantu Satpol PP Provinsi, Satpol PP Kabupaten Demak dan sejumlah anggota TNI dan Polri ilayah Demak. (RS)

115
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>