Sebarkan berita ini:

27-demo-taniSEMARANG[SemarangPedia] – Ratusan massa yang berasal dari sejumlah serikat petani kabupaten di Jawa Tengah yang tergabung dalam Aliansi Tani dan Buruh Mandiri Sejahtera (Tabur Masa) menggelar aksi di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah di Jalan Pahlawan, Semarang, Selasa (27/9).

Dalam aksinya mereka melakukan orasi di atas mobil pick up bak terbuka yang dilengkapi dengan sound system serta membawa bendera serikat petani serta beberapa poster bertuliskan tuntutannya.

Para petani itu menuntut pemerintah untuk menghentikan kriminalisasi terhadap petani. Selain, para petani juga mendesak pemerintah untuk menyelesaikan sengketa tanah yang ada di sejumlah kabupaten di Jawa Tengah dengan membentuk komite penyelesaian konflik agraria.

Menurut Koordinator aksi Ahmad M, bersamaan dengan hari tani yang jatuh pada 24 September lalu petani di Jawa Tengah, bergerak untuk memperjuangkan reformasi agraria.

Langkah itu, lanjutnya, ditempuh karena hingga kini semakin semarak praktek yang menyimpang dari pelaksanaan reformasi agraria di Indonesia.

“Hingga saat ini, kriminalisasi kepada petani menuntut hak atas tanah, konflik agraria tidak kunjung usai, sehingga menyimpang pelaksanaan reformasi agraria di Indonesia,” ujarnya.

Dia menuturkan, konflik tanah di Jawa Tengah hingga kini belum seluruhnya tersentuh oleh kebijakan negara.

“Kami mendesak pemerintah untuk segera mencari jalan penyelesaian yang terbaik bagi kaum petani,” tuturnya.

Ditengah orasi, sejumlah perwakilan diterima oleh Kepala Biro Bina Produksi Setda Jawa Tengah Peny Rahayu di lantai I Kantor Gubernur untuk menyampaikan tuntutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Peni Rahayu mengatakan pihaknya menampung aspirasi para peetani itu, yang selanjutnya akan ditindaklanjuti.

“Kami dari Pemprov Jateng akan memfasilitasi tuntutan para petani Jateng sesuai dengan aturan aturan yang berlaku,” ujarnya. (RS)

87
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>