Sebarkan berita ini:

3-Ritual Ciswak1SEMARANG[SemarangPedia] – Ratusan umat penganut Taoisme berdesakan mengikuti ritual Ciswak atau buang sial yang digelar di Kelenteng Thay Siong Kiong Jl Taman Hasanudin B 72 Semarang, Rabu (3/8).

Dalam upacara rutin setiap tahun itu, para umat membakar replika kapal berbahan baku bambu dan kertas di halaman kelenteng sebagai tanda buang sial.

Setiap bulan tujuh tanggal 1 Lunar kalender Lunar (penanggalan Tiongkok) yang jatuh pada Rabu (6/8) ritual Ciswak digelar di kelenteng tersebut.

Telihat memang berbeda dengan kelenteng lain yang biasanya diselenggarakan sebelum Imlek atau Tahun Baru China. Namun, upacara buang sial ini di gelar secara khusus.

“Kegiatan ritual itu juga dalam rangka hari ulang tahun ke 7 kelenteng kami yang memiliki patung dewa Thay Shang Lau Tjin atau Dewa Tao ini,” ujar Ketua Panita Ritual Ciswak Jasmin Rabu (3/8).

3-Ritual Ciswak2Menurutnya, pembakaran kertas dan replika bahtera berisi doa-doa dengan maksud agar segala sengkala terbuang bersama terbakarnya benda-benda tersebut.

Saat proses pembakaran, lanjutnya, umat tampak khusyuksambil berdoa dan membawa dupa. Sebelum proses pembakaran umat melewati sebuah pintu dengan dipimpin seorang tokoh agama Tao.

Seluruh umat kemudian melewati pintu yang terbuat dari kertas dan kayu tersebut satu persatu. Pemimpin upacara atau pendeta Tao Cu Thian Huat akan mengetahui jika ada umat yang perlu diruwat kemudian langsung disuruh duduk dengan maksud untuk dibersihkan dari segala sengkala.

“Siapa saja yang perlu diruwat, hanya pendeta yang tahu, begitu seorang umat harus menjalani ruwat, disuruh duduk dan didoakan,” tutur Jasmin.

Sementara itu, seorang peserta ritual, Budianto (55) menuturkan hampir setiap tahun mengikuti ritual Ciswak atau Poo Un di Kelenteng ini.

“Saya percaya ritual ini bisa mendatangkan rejeki dan menolak bala di tahun yang akan datang. Oleh karenanya, saya selalu ikut,” ujarnya. (RS)

306
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>