Sebarkan berita ini:

9-warga-rembang-1SEMARANG[SemarangPedia] – Ratusan warga dari Kabupaten Rembang dan Pati kembali melakukan aksi unjukrasa di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah Jalan Pahlawan, Semarang, Jumat (9/12).

Mereka melakukan aksi untuk menolak pendirian pabrik Semen Indonesia di wilayah Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, karena aktivitas industri itu akan merusak lingkungan di sekitarnya.

Warga Rembang itu, memulai aksi jalan kaki sejauh 150 kilometer dari tenda perjuangan yang berada di sekitar pembangunan pabrik semen wilayah Rembang pada Senin (5/12) hingga melintasi kota Pati, Kudus, Demak dan sampai di Kota Semarang pada Jumat pagi (9/12).

Hingga tiba di depan halaman Kantor Gubernuran itu, para pengunjukrasa menggelar orasi dengan menggunakan pengerasd suara mereka menyerukan  penolakan pendirian pabrik semen.

Menurut Koordinator Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JM-PPK) Gunretno, aksi jalan kaki sejauh 150 kilometer menuju Kantor Gubernur Jawa Tengah dilakukan, untuk mendorong agar Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mencabut izin lingkungan yang diterbitkan pada 2012 lalu.

Selain itu, dia menambahkan aksi damai ini juga dilatarbelakangi atas putusan Peninjauan Kembali Mahkamah Agung (MA) terkait izin lingkungan untuk pabrik semen PT Semen Indonesia di Rembang setebal 161 halaman.

“Gubernur Ganjar Pranowo sering bicara taat hukum. Masyarakat sudah mengikuti, dan kami juga mengharapkan Gubernur menepati janjinya apa yang telah disampaikan,” ujarnya.

9-warga-rembang2Dalam amar putusan Makhamah Agung tertanggal 5 Oktober 2016, lanjutnya, ada dua petikan yang diperintahkan dalam putusan itu, yaitu mewajibkan kepada pihak tergugat dalam hal ini Pemprov Jateng untuk mencabut izin lingkungan tentang kegiatan penambangan yang telah dikeluarkan kepada PT Semen Gresik (sekarang berubah menjadi PT Semen Indonesia) dan menghentikan semua obyek sengketa.

“Tuntutan warga Kendeng mendesak agar Gubernur mencabut izin lingkungan dan menghentikan proses pembangunan pabrik semen di Rembang,” tuturnya.

Setelah melakukan unjukrasa yang berlangsung sekitar setengah jam, sejumlah perwakilan warga Rembang itu diterima asisten pemerintahan Sekda Propinsi Jawa Tengah Siswo Laksono.

Siswo Laksono menerima perwakilan pengunjukrasa mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang hari Jumat ini dinas ke luar kota. (RS)

113
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>