Sebarkan berita ini:

14-demoSEMARANG[SemarangtPedia] – Ratusan warga Rembang yang mendukung rencana pengoperasian pabrik Semen Indonesia di wilayahnya, menggelar aksi unjukrasa di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan, Semarang, Jumat (14/10).

Mereka berasal dari desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem, Rembang itu mendesak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo agar tidak mencabut izin pembangunan pabrik semen Rembang.

Warga mengaku resah dengan adanya putusan Mahkamah Agung (MA) yang telah mengabulkan gugatan sebagian kecil warga Rembang yang menolak pembangunan pabrik semen Rembang.

Dwi Joko Supriyoko juru bicara warga mengatakan di ring satu pembangunan pabrik semen Rembang terdapat lima desa dengan jumlah penduduk sekitar 3.600 kepala keluarga (KK).

Menurutnya, warga di sekitar pabrik mendukung pembangunan pabrik semen karena banyak manfaat bagi perekonomian khususnya di Kabupaten Rembang dan Umumnya di Indonesia.

“Warga di sekitar pabrik semen resah setelah mendengar putusan MA yang mengabulkan gugatan warga yang kontra. Warga khawatir akan kehilangan pekerjaan dan mata pencaharian lainnya yang terkait dengan pabrik semen di Rembang,” ujarnya, disela-sela aksi demo itu.

Keinginan warga Rembang untuk menemui Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tidak kesampaian. Karena saat bersamaan yang berasngkutan sedang tugas luar kota ke Jakarta.

Seperti diketahui, Mahkamah Agung (MA) membatalkan izin pembangunan pabrik semen yang dikeluarkan Gubernur Jawa Tengah pada 5 Oktober 2016.

MA mengabulkan permohonan peninjauan kembali (PK) yang diajukan para petani bersama Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) terhadap objek sengketa yakni SK Nomor 660.1/17 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan di Kabupaten Rembang yang dikeluarkan Gubernur Jawa Tengah tertanggal 7 Juni 2012. (RS)

192
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>