Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melakukan visitasi terhadap akreditasi ulang (reakreditasi) program Strata 1 progran studi (prodi) Ilmu Komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Ketua Program Studi (Ka Prodi) S-1 Ilmu Komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang Drs  Sonef  Riyadi, M.Si mengatakan kegiatan reakreditasi oleh BAN – PT  di kampus kerakyatan ini berlangsung selama tiga hari mulai Kamis – Sabtu (18-20/10)

“Tim asesor yang hadir di antaranya Dr Catur Suratnoaji, M.Si  dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jatim dan Dr Ani Yunungsih, M.Si Universitas Islam Bandung (Unisba).  Persiapan untuk direakreditasi telah kami lakukan dengan maksimal, semoga hasilnya maksimal juga,” ujar Sonef di Semarang, Kamis (18/10).

Menurutnya, pelaksanaan akreditasi ini merupakan yang ketiga kalinya. Akreditasi pertama dilaksanakan pada 2008  dan berhasil meraih predikat B. Lima tahun kemudian dilakukan reakreditasi ulang, predikat B yang diperoleh lima tahun sebelumnya berhasil dipertahankan. Reakreditasi ketiga saat ini yang sedang berlangsung hingga berakhir pekan ini.

Sonef menturkan agar berhasil meraih hasil yang maksimal, setidaknya dapat mempertahankan kembali predikat B, Pimpinan STIKOM Semarang dalam menghadapi proses reakreditasi  membentuk Tim Akreditasi yang dikoordinir  Ka Prodi. Tim telah selesai menyusun borang akreditasi dan sudah dikirimkan kepada BAN – PT.

Proses visitasi, lanjutnya, merupakan proses audit yang dilaksanakan oleh BAN-PT untuk melihat, melakukan verifikasi dan melakukan klarifikasi terhadap borang Prodi yang telah dikirimkan. Secara umum asesmen pada visitasi akreditasi ini terdiri atas asesmen lapangan dan asesmen dokumen pendukung borang.

Aktivitas asesmen lapangan, dia menambahkan pada umumnya dilakukan peninjauan sarana prasarana yang ada dengan melihat kenyataan langsung, selain juga melakukan dialog dengan sampel mahasiswa, alumni serta tenaga kependidikan. Sementara asesmen dokumen pendukung borang dilakukan di ruang aula kampus lantai kerakyatan lantai 1 yang berlokasi di Jalan Wolter Mangunsisidi No 119 Semarang.

Ketua STIKOM Semarang Drs H Gunawan Witjaksana, M.Si menilai tim akreditasi yang dikoordinir  Ka Prodi telah melakukan kerja-kerja maksimal untuk memenuhi harapan yang dicanangkan terutama mempertahankan predikat yang telah diraih dalam dua kali akreditasi sebelumnya yakni B, syukur kalau bisa meningkat A atau B plus.

“Kerja keras telah dilakukan oleh tim yang dibantu oleh seluruh elemen yang ada di STIKOM Semarang, selanjutnya sebagai warga yang beragama kami semua berdoa dan memohon kepada-Nya agar harapan dan cita-cita yang diinginkan bersama terkabul,” ujar Gunawan. (SMH/RS)

102
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>