Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] –  Asosiasi Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik (ASPERINDO) Jawa Tengah memastikan kerja sama dengan PT Kereta Api Logistik (KALOG), akan menjadi pilot project pertama di Indonesia yang dapat mengurangi biaya logistik.

Ketua ASPERINDO Jawa Tengah Tony Winarno mengatakan biaya logistik Indonesia masih mahal dibanding negara-negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand, akibat minimnya infrastruktur di Tanah Air, khususnya di sektor transportasi, yang belum keseluruhannya dapat terkoneksi di berbagai wilayah di Indonesia.

“Kerja sama ini bisa jadi pilot project atau proyek percontohan di Indonesia, menginat selama ini belum ada yang dilakukan di daerah lain. Sedangkan rute pada tahap awal Jakarta-Semarang dan sebaliknya,” ujar, Rabu. (21/12)

ASPERINDO, lanjutnya, optimistis beberapa industri jasa pengiriman di wilayah Jateng selatan baik di Purwokerto maupun Solo akan ikutan melirik kerja sama ini, karena dapat menekan biaya logistik hingga tiga kali lipat.

Secara teknis, Tony menginginkan kegiatan bongkar muat dilakukan di Stasiun Pethek Semarang dengan cutoff penerimaan barang untuk Kereta Api Bangun Karta maksimal pukul 20.30 WIB yang diharapkan clearance di Jakarta bisa dilakukan pada pukul 07.00 WIB.

“Kami memiliki 32 anggota. Perusahaan seperti JNE, J&T, TIKI, Pandu Siwi dan perusahaan lainnya juga bakal ertarik dengan kerja sama ini,” tuturnya. (RS)

193
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>