Sebarkan berita ini:

20-golkarSEMARANG[SemarangPedia] – Minimnya kader muda potensial di struktur kepartaian berakibat melambatnya regenerasi, sehingga upaya kaderisasi perlu dilakukan secara terus menerus.

Ketua DPP I Partai Golkar Jawa Tengah Wisnu Suhardono mengatakan saat ini masih sulit mencari kader muda potensial untuk regenerasi di struktur kepartaian. Indikasi tersebut terlihat pada kepengurusan di tingkat paling bawah.

“Ini terutama untuk pengurus di tingkat desa atau kecamatan dan kelurahan,” ujarnya di sela Tasyakuran Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-52 Partai Golkar di Kantor DPD I Partai Golkar Jateng, Semarang, Kamis (20/10).

Saat ini, lanjutnya,  jajaran pengurus Golkar di kelurahan sebagian besar adalah mereka yang cinta dengan Golkar sejak era Orde Baru. Generasi tersebut masuk dalam katagori kultur.

“Regenerasi kepartaian di tangan anak-anak muda sangat diperlukan. Saat ini  tinggal  berapa mereka sekarang (kader muda)?. Karena mereka (generasi kultur) sekarang ini kan berarti sudah tua,” tuturnya.

Menurutnya, ada tiga unsur dalam kepartaian, yakni struktural, kultural, dan simpatisan yang masing-masing harus diperkuat dengan kaderisasi secara terus menerus dan berkelanjutan.

Dia mengatakan untuk kategori kultural, rentang usianya di atas 50 tahunan, sedangkan simpatisan berada di rentang usia 18-40 tahun yang harus dipupuk agar menjadi kader-kader muda yang potensial.

“Sebanyak 21 Ketua DPD II kabupaten/kota dari 35 daerah itu, tercatat 19 orang di antaranya adalah kalangan generasi muda. Ini yang menjadi semangat kami,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD II Partai Golkar Kota Semarang Petit Widiatmoko menuturkan fenomena lambannya regenarasi kader muda potensial di struktur kepartaian dialami semua partai politik di Indonesia.

“Tidak hanya Golkar, semua partai politik juga merasakan. Bahkan dipengaruhi juga dengan banyaknya pemberitaan mengenai kesalahan yang dilakukan kader politik,” tuturnya.(RS)

172
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>