Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Real Estate Indonesia (REI) Jateng mendirikan lembaga koperasi dengan anggota para pengembang,  sebagai upaya untuk membantu kelangsungan bisnis properti terutama sektor perumahan bagi mereka.

Sekretaris Koperasi Jasa REI Jateng Sejahtera, Joko Sulistyono mengatakan melalui koperasi aktivitas para pengambang anggotanya bakal dapat dibantu di antaranya untuk pemenuhan material bahan bangunan dan komponennya yang tengah mengembangkan proyek perumahanan.

“Koperasi ini ke depan akan beker jasama dengan pabrik semen untuk memasok kebutuhan semen dari pengembang anggota REI secara langsung,” ujarnya.

Menurutnya, selama ini kebutuhan bahan baku semen para pengembang masih dipasok oleh sejumlah toko bangunan, sehingga sulit bagi mereka untuk menekan biaya pembangunan konstruksi perumahan.

Ke depan, lanjutnya, jiika kerja sama bisa terealisasi dengan sejumlah industry semen, sudah d apat dipastikan kebutuhan semen pengembang langsung dapat dipasok dari pabrik, sehingga harga yang didapatkan lebih rendah dibandingkan pembelian dari pasokan sejumlah toko bangunan.

Kersam sama koperasi, dia menambahkan akan menggunakan pola pabrik semen memasok ke pengembang anggota REI melalui masing-masing komisariat REI di Jateng, seperti Komisariat Tegal, Solo, Banyumas, Pati, Pekalongan dan Komisariat Semarang. Komisariat yang akan mendistribusikan ke pengembang berapa kebutuhannya.

Langkah itu, kata Joko, dilakukan agar selisih harga semen dengan harga toko bangunan sebagian bisa akan dimasukkan ke kas koperasi sebagai hasil dari usaha koperasi.

“Selisih harga itu masuk koperasi dan akan menjadi Sisa Hasil Usaha (SHU) untuk kemudian akan dibagikan kepada anggota, setelah RAT digelar,” tuturnya.

Joko menuturkan selain semen, koperasi juga akan terus memperluas kerja sama dengan pihak lain, terutama yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan material bahan bangunan di antaranya pabrik  besi beton, bata ringan dan lainnya.

Koperasi REI resmi didirikan 10 Januari 2018 dengan tahap awal beranggotakan sebanyak 200 pengembang dan pengurus dan pengawas koperasi ini juga para pengurus DPD REI Jateng.

Persemian pendirian koperasi REI yang dihadiri perwakilan dari Dinas Koperasi dan UKM Pemprov Jateng dan Kota Semarang serta perbankan dari BTN Konvensional dan BTN Syariah Cabang Semarang, ke depan bakal mendorong keuntungan pengembang bertambah.(RS)

27
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>