Sebarkan berita ini:
Kapolda Jateng, Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono
Kapolda Jateng, Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono

SEMARANG[SemarangPedia] – Peristiwa tewasnya Kapolsek Karangsembung, Kebumen Ipda Nyariman di ruang kerjanya pada Rabu lalu dengan cara gantung diri dikarenakan pemasalahan hutang.

Hasil pemeriksaan Internal Propam Polda Jawa Tengah, Almarhum Ipda Nyariman meminjam uang dengan beragam cara, salah satunya rekuitment anggota polisi.

Kapolda Jateng, Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan internal Propam Polda Jateng Ipda Nyariman sudah kerap menggunakan uang dengan berbagai modus agar dapat dipinjamkan.

Terkait adanya uang untuk rekuitment Anggota Polisi, merupakan salah satu modus korban (Ipda Nyariman) untuk meminjam uang. Berdasarkan pemeriksaan internal oleh propam kepolisian/korban sudah kerap menggunakan uang dengan sesama anggota polri dengan berbagai modus agar dapat dipinjamkam

“Adanya uang untuk rekrutmen anggota polisi, merupakan salah satu modus korban untuk meminjam uang. Pelaku (Ipda Nyariman) sudah berulang kali melakukan hal yang sama dengan berbagi modus seperti investasi dan penempatan personil polisi di tempat tugas yang diinginkan”, ujarnya, Jumat. (7/10)

Sebelumnya korban selalu mengembalikan uang yang digunakan  antara enam bulan hingga setahun, namun diduga karena yang terakhir uang yang dipakai terlalu besar jumlahnya, korban  tidak sanggup membayar.

Ipda Nyariman diduga mengambil jalan pintas dengan cara gantung diri setelah di minta untuk mengembalikan uang senilai Rp250 juta

Aksi nekad yang dilakukan Ipda Nyariman setelah dia menjanjikan anak salah seorang anak buahnya untuk dibantu masuk ke Sekolah Calon Bintara. Untuk bisa masuk, Nyariman diduga meminta uang pelicin sebesar Rp250 juta dengan perjanjian jika gagal masuk uang akan dikembalikan.

Uang telah diserahkan, namun ternyata anak dari salah seorang anak buahnya tidak lolos dalam seleksi penerimaan Bintara Polri.

Permasalahan ini sudah dimusyawarahkan dengan unsur pimpinan Polres Kebumen. Kapolres, Kabag Sumda dan Propam dan menurut perjanjian hari ini harus dikembalikan. Namun Ipda Nyariman yang baru enam bulan menjabat Kapolsek Karangsembung Kabupaten, Kebumen justru mencari jalan pintas dengan cara gantung diri di ruang kerjannya dengan mengunakan seutas tali plastik. (HN/RS)

 

85
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>