Sebarkan berita ini:

img_7085SEMARANG [SemarangPedia] – Rencana relokasi pedagang Pasar Karangayu di atas saluran sungai yang berada di Jalan Cempolorejo Raya, di demo puluhan warga RW 3 Kelurahan Krobokan Minggu (23/10). Masyarakat menolak rencana itu karena pendirian bangunan di atas sungai menyalahi aturan.

Pasalnya, Warga berkumpul dan membentangkan spanduk penolakan relokasi tersebut. Selain melakukan orasi, mereka juga membakar ban bekas serta merobohkan gerobak.

Siswandi Suryanto, koordinator aksi demo mengatakan, pihaknya menolak tegas relokasi di atas saluran. Pendirian bangunan di atas sungai itu melanggar Perda Nomor 13 Tahun 2017 tentang RT RW yang intinya mengatur fungsi sungai, sempadan sungai, dan jalan.

“Beberapa hari yang lalu sudah dilakukan pengukuran talut sungai itu dan sudah ditandai. Keberadaan pedagang yang berada di sekitar Jalan Cempolorejo menyebabkan arus lalu-lintas setiap jam sibuk menjadi krodit,” ujarnya.

Kendati demikian, penolakan yang dilakukan warga juga dipicu karena adanya kejadian meninggalnya salah satu warga sekitar. Hal itu disebabkan karena mobil yang keluar yang membawa korban terhalang oleh sejumlah pedagang.

“Itu merupakan salah satu kejadian yang terjadi belum lama ini, pasalnya rumah korban berada di Jalan Cempolorejo Raya bagian ujung dekat Jalan Siliwangi yang banyak pedagangnya di bahu jalan. Ketika mengeluarkan mobil tidak bisa dan korban pun meninggal di rumah,” terangnya.

Sementara itu, Diah Kuncoro warga RT 06, RW 03 Kelurahan Krobokan menambahkan, pihaknya telah melakukan protes kepada dinas pasar terkait relokasi tersebut. Tapi tidak ada tanggapan dan alasan yang pasti terkait rencana itu. “Kemarin kita sempat di kantor wali kota katanya akan ditangguhkan sampai tahun depan. Tapi tetap kami tegaskan jangan sampai relokasi pasar di atas saluran,” pungkasnya.

101
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>