Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia]  –  Masakan makanan Chakwe pasti tidak asing lagi di lihat bagi para pecinta kuliner. Makanan khas tradisional Tionghoa yang terbuat dari bahan utama tepung terigu dan baking powder ini mudah dijumpai di berbagai pedagang makanan di sudut Kota Semarang.

Tergolong bukan makanan utama yang membuat kenyang, hanya sebatas cemilan,  tapi chakwe ini makanan populer yang sangat disukai banyak orang, karena teksturnya yang legit serta gurih.

Namun, terkadang tekstur dan rasa Chakwe yang disajikan penjajanya khususnya di Semarang  hanya itu saja dan cenderung ada yang lembek dan alot.

Melihat hal tersebut, menjadikan inspirasi Law Soen Kie owner Kedai Zuppa, membuat kreasi baru Chakwe yang ia namakan Jakusi.

“Jakusi ,Chakwe atau orang gampang menyebutnya Jakwe, kepanjangan “Jakwe Isi”  dimana terinpirasi saat wisata kuliner di Surabaya,” ujar pria anggota Komunitas Kuliner Guyub Semarang (KSGS) kepada semarangpedia.com.

Dari wisata kuliner tersebut akhirnya dia menemukan resep untuk mengolah Chakwe gurih yang bercitara rasa khas Semarangan dan memiliki isi didalamnya yang lebih lezat dan gurih.

“Saya lihat di Semarang belum ada jadi saya buat Chakwe isi ayam maupun udang dan berselang empat bulan launching lalu direspon postif oleh konsumen dan anggota komunitas,” ujar pria yang menggeluti bisnis kuliner sudah selama enam tahun itu.

Jakusi kreasi Law Soen Kie ini terbilang nikmat. Chakwe sepanjang kurang lebih 10 Cm ini full memiliki isian berupa ayam dan udang yang disajikan dalam cup yang diolesi sambel pedas dan mayonaise.

Begitu dikunyah, rasa gurih dan tekstur renyah kulit Chakwe dibalut isianya lembut di mulut. Selian itu, Zuppa Soup nya juga tidak kalah nikmat, dimana roti nya renyah dan soupnya lumer dimulut.

Bukan hanya Zuppa Soup dan Jakusi sebagai menu andalan, Kedai yang berada di Jalan Jendral Sudirman 35 atau dikenal di kawasan Siliwangi Semarang ini juga menyuguhkan Bubur Ayam Telur Cakar Presto yang sama menggugahnya.

Seporsi menu andalan Kedai Zuppa terbilang cukup terjangkau. Jakusi dengan tiga potongan Chakwe dalam satu cup dijual Rp25.000,  Zuppa Soup nya dibandrol Rp16.000 dan Bubur Ayam Telur Cakar Presto Rp17.000 per porsi.

“ Untuk menu Jakusi ke depan akan ada pengembangan terutama isiannya. Kami menerima pesanan juga jika menginginkan bisa hubungi 083842934188 atau cek di instagram kedai_zuppa,” ujar Law Soen Kie.

Penasaran dengan Jakusinya sambangi saja kekedainya yang buka setiap hari mulai pukul 17.00 WIB hingga 24.00 WIB.  (RS)

 

256
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>