Sebarkan berita ini:

DEMAK[SemarangPedia] – Ribuan buruh menggelar aksi demo dengan memblokir Jalur Pantura Semarang – Demak, Rabu (7/11). Bahkan mereka melakukan sweeping ke setiap perusahaan di sepanjang jalan pantura untuk bergabung dalam aksi demo jilid dua di Kantor Kabupaten Demak.

Aksi blokir Jalur Pantura Semarang-Demak ini dilakukan ribuan buruh saat mendatangi sejumlah perusahaan yang berada di sepanjang jalan itu. Meteka yang tergabung dalam sejumlah aliansi itu mendesak agar setiap perusahaan mengirim karyawannya untuk turut serta dalam aksi unjuk rasa menuntut kenaikan UMK, di Pendopo Kabupaten Demak.

“Kami sebelumnya sudah mengedarkan surat kepada seluruh perusahaan di wiayah Demak untuk mengirimkan satu persen dari jumlah karyawannya. Tapi ternyata surat itu seperti tidak dihiraukan,” ujar koordinator aksi.

Dengan pengawalan ketat anggota Polres Demak, konvoi unjuk rasa buruh akhirnya menuju ke Pendopo Kabupaten Demak.

Para buruh itu, menuntut kenaikan Upah Minimum Kabupaten, sebesar 13,03% atau UMK Kabupaten Demak 2019 sebesar Rp.2.231.349.

Angka tersebut dihitung dari angka regulasi secara nasional sebesar 8,03%, angka pertumbuhan ekonomi sebesar 5,15% dan angka invlasi Kabupaten Demak yang mencapai 2,88%. Mereka juga menuntut UMK 2019 Kabupaten Demak naik dari Rp2.065.490 menjadi Rp2.231.349. (RS)

16
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>